Kisruh Mata Air, BBWS Menjadwal Ulang Pembongkaran Sumur di Tengah Kolam Cigugur

Pengukuran debit mata air di Kolam Cigugur, Kabupaten Kuningan.



KUNINGAN (KN),- Adanya  rencana pembongkaran sumur di tengah Kolam Cigugur seperti yang disepakati dalam pertemuan di Gedung Pertas Lingkungan Wage, Kamis (21/7) ternyata belum bisa dilakukan hari ini.

Sesuai agenda, sumur yang ditutup tembok semen itu, akan dibongkar dengan meminta bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cirebon.

Hal itu berkaitan dengan keberadaan tiga mata air yang selama ini dimanfaatkan PAM Tirta Kamuning (PDAM) untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat Kuningan, yaitu Kolam Cigugur, Citamba dan Cibangir.
 
Menurut LPM dan Karang Taruna Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, debit mata air tersebut harus dihitung secara transparan dengan meminta bantuan BBWS Cirebon.

Persoalan pun semakin melebar dengan adanya keinginan membongkar sumur di tengah Kolam Cigugur yang ditutup tembok.

"Kami tidak bisa membongkar sumur itu tanpa adanya dokumen kesepakatan berita acara ditandatangani berbagai pihak yang hadir dalam pertemuan itu," kata PPNS BBWS Cirebon, Budiman, di Kolam Cigugur, Rabu (27/7/2022).

Dikatakan Budiman, silahkan ukur debit mata air oleh Divisi Teknis PAM Tirta Kamuning dan jika terdapat perbedaan angka dengan hasil ukuran yang dilakukan LPM, maka BBWS akan mengkaji dan tiga hari yang datang akan kembali untuk mengukur debit mata air.  

"Tiga hari yang akan datang kami akan datang lagi untuk mengukur debit mata air dan melaksanakan pembongkaran sumur di kolam ini setelah ada berita acara yang ditandatangani para pihak dalam pertemuan beberapa waktu yang lalu," kata Budiman.

Sementara itu, anggota DPRD Kuningan, Sri Laelasari, yang sejak awal memediasi kisruhnya mata air antara LPM, Karang Taruna dengan PAM Tirta Kamuning, berharap persoalan itu cepat selesai.

"Persoalan ini segera diselesaikan secara musyawarah dan mufakat agar kondisi di Kabupaten Kuningan kondusif," harapnya ketika menyaksikan pengukuran debit mata air di Kolam Cigugur.

Terpantau, pengukuran debit mata air disaksikan DPUTR Bidang SDA, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Disporapar. 

Kemudian, Sekmat, Koramil dan Polsek Cigugur, Lurah Cigugur, LPM, Karang Taruna dan Kelompok Mitra Cai serta tokoh masyarakat.

Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.