Selain Resmikan Taman Kota, Gubernur Jabar Tinjau Kuningan Command Center


KUNINGAN (KN),- Salah satu agenda kunjungan Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil, ke Kabupaten Kuningan selain meresmikan Taman Kota, Minggu (30/1/2022), juga meninjau Kuningan Command Center.
 
Kunjungan ke Kabupaten Kuningan, Kang Emil, sapaan akrab M.
 Ridwan Kamil, didampingi istrinya, Atalia Praratya, para Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat untuk meresmikan beberapa proyek strategis yang didanai oleh APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021.
 
Di Command Center, Kang Emil didampingi Bupati Kuningan, Acep Purnama beserta istrinya, Ika Acep Purnama selaku Ketua Jabar Bergerak. Wabup Kuningan, M. Ridho Suganda beserta isteri dan Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar beserta isteri menyaksikan kondisi dan perangkat IT pada Command Center.
 
Kang Emil nampak terkesan ketika memasuki ruangan Command Center yang selesai dibangun pada pertengahan Desember 2021 tersebut.
 
“Kereen. Inilah Pak Bupati, Command Center ini nanti digunakan oleh Pak Bupati sebagai pusat komando dalam pengambilan berbagai keputusan,” kata Kang Emil singkat.
 
Lebih lanjut orang nomor satu di Jawa Barat itu menyebutkan, ada tiga fungsi Command Center yang nanti bisa digunakan oleh Bupati Kuningan.
 
Pertama, sebagai pusat data, artinya dari sini Bupati bisa melihat data-data dari perangkat daerah apakah sudah memenuhi standar yang diharapkan.
 
Lalu kedua, sebagai sarana infrastruktur dalam melihat situasi dan kondisi di lapangan, baik melalui CCTV publik ataupun media informasi, yang nanti akan dijadikan referensi sebagai bahan keputusan.
 
“Ketiga sebagai alat komunikasi dengan masyarakat dan berharap ke depan Kuningan Command Center dapat bermanfaat yang pada akhirnya bertujuan untuk membawa Kabupaten Kuningan semakin maju,” katanya.
 
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah, menjelaskan kondisi Command Center saat ini setelah pembangunannya selesai dilaksanakan.
 
“Command Center Kabupaten Kuningan Alhamdullah saat ini sudah selesai dilaksanakan. Selain sudah terpasang 8 titik CCTV publik yang terintegrasi, kami juga bekerja sama dengan Jabar Digital Service dan Sumedang Command Center untuk mengisi aplikasi di dalamnya,” jelas Wahyu.  
 
Selain itu, imbuhnya, dalam rangka menuju Kuningan Smart City, sudah dibuat satu aplikasi KUDA SIWINDU (Kuningan Cerdas, Aplikasi Wahana Transformasi Kehidupan Baru).
 
Lebih lanjut Wahyu menambahkan, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi.
 
“Untuk itu ke depan kami tentu akan memaksimalkan Command Center ini, tentu dengan penambahan aplikasi sesuai dengan kebutuhan,” katanya.




Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengapresiasi atas terbangunnnya Command Center dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat tersebut.
 
“Alhamdulillah, tahun ini Kuningan telah memiliki Command Center, kami dapat memantau setiap perkembangan di Kabupaten Kuningan,” kata Bupati.
 
Menurutnya, melalui komunikasi cepat dengan seluruh perangkat daerah, ia bisa membahas situasi Kabupaten Kuningan melalui data-data yang ada.
 
Ia juga berharap ke depan pengembangan Command Center dapat segera dilaksanakan sehingga jalan-jalan dan obyek wisata di Kabupaten Kuningan dapat terpantau melalui CCTV publik.
 
“Atas kebijakan Pak Gubernur yang telah memperhatikan Kabupaten Kuningan kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya,” kata Bupati Acep.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.