Luar Biasa, Mahasiswa UI Raih Juara Pertama World Bank Group Youth Summit 2021

DEPOK (KN),- Salah seorang mahasiswa Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTI FTUI), Almira Lavina Sambowo, b...



DEPOK (KN),- Salah seorang mahasiswa Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTI FTUI), Almira Lavina Sambowo, berhasil meraih Juara Pertama pada World Bank Group Youth Summit 2021.         

 

Almira merupakan mahasiswa angkatan 2017 termasuk bagian dari delegasi wilayah Asia Timur dan Pasifik dalam mengikuti event tersebut.


Dikatakan Almira, kasus yang dipilih oleh timnya yaitu sustainability sebuah perusahaan kopi terkemuka di dunia.

 

“Fokus tim kami adalah bagaimana perusahaan ini mampu melakukan sustainability practices bukan hanya untuk bisnisnya tetapi juga untuk lingkungan," kata Almira, Senin (12/7/2021).


Ia mendiskusikan efek dari bisnis itu ke masyarakat dan lingkungan, potensi risiko dari perubahan iklim untuk keberlangsungan bisnis ke depannya dan cara perusahaan merespons perubahan iklim yang terjadi mengingat bisnis tersebut cukup tergantung pada agrikultur.


Almira dan timnya mengusulkan lima strategi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi perusahaan kopi ternama tersebut.


Strategi pertama, lanjutnya, menerapkan IFC Framework Training yaitu pelatihan yang dirancang untuk mengelola risiko lingkungan dan sosial perusahaan, sehingga berdampak positif pada laba, reputasi dan dampak pembangunan.


Kedua, melakukan sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED), sertifikasi green building yang diakui secara Internasional untuk bangunan kantor dan pabrik kopi.


Ketiga, meningkatkan sistem pengelolaan air lahan dengan membuat skema efektif untuk air yang digunakan pada proses produksi kopi.


Keempat, meningkatkan transparansi melalui aplikasi sehingga pelanggan dapat memperoleh informasi terkait biji kopi yang mereka minum.

 

“Strategi kelima melakukan pengolahan limbah secara bertanggung jawab dan sustainable terhadap limbah yang berasal dari perkebunan kopi,” katanya.


Sementara itu, Dekan FTUI, Hendri D.S. Budiono, menanggapi positif prestasi yang diraih Almira dan mengungkapkan kebanggaannya.

 

Menurutnya, masa pandemi ini, prestasi mahasiswa FTUI tidak mengalami penyurutan, baik di tingkat nasional maupun internasional.


“Para mahasiswa justru semakin terpacu dan termotivasi untuk berprestasi dan membuktikan mereka tetap dapat memberikan sumbangan pemikiran sebagai bagian dari solusi yang dihadapi oleh masyarakat maupun industri di belahan dunia manapun,” katanya.

 

Pewarta : Andika/kontributor Jakarta.

Nama

BERITA,1447,FEATURE,263,HEADLINE,1762,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Luar Biasa, Mahasiswa UI Raih Juara Pertama World Bank Group Youth Summit 2021
Luar Biasa, Mahasiswa UI Raih Juara Pertama World Bank Group Youth Summit 2021
https://1.bp.blogspot.com/-hyjZ2gUNUQg/YOv75yszbnI/AAAAAAAAIh0/dRl9HpdvlzQmCo1taAkrRJv4ku7Np1S-gCLcBGAsYHQ/s320/Almira%2Bedit.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hyjZ2gUNUQg/YOv75yszbnI/AAAAAAAAIh0/dRl9HpdvlzQmCo1taAkrRJv4ku7Np1S-gCLcBGAsYHQ/s72-c/Almira%2Bedit.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2021/07/luar-biasa-mahasiswa-ui-raih-juara.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2021/07/luar-biasa-mahasiswa-ui-raih-juara.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content