HANI 2021 “War on Drugs” Menuju Indonesia Bersih Narkoba

BOGOR (KN),- Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin, membuka secara resmi puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 bertema...



BOGOR (KN),- Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin, membuka secara resmi puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 bertema War on Drugs  yang dilakukan virtual di Istana Negara, Senin (28/6/2021).

 

Kegiatan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia itu dipusatkan di Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido, Kabupaten Bogor, dihadiri Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose dan beberapa tamu undangan.

 

“HANI 2021 bertema War on Drugs yang berarti perang melawan narkoba di masa pandemi Covid-19 menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar),” kata Petrus.

 

War on Drugs, harus dilakukan secara holistik baik dengan hard power yaitu pemberantasan dan soft power atau pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi serta smart power melalui pengembangan teknologi informasi.

 

“Perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right dan sesuai koridor penegakan hukum yang profesional dan proporsional,” katanya.

 

Arah kebijakannya adalah P4GN yang profesional, peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan.

 

“Baik di level nasional, regional maupun internasional,” katanya.   

 

Menurutnya, HANI dilakukan tiap tahun untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

 

Dalam acara tersebut diberikannya penghargaan kepada penggiat anti narkoba terhadap upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

 

“Selain itu juga ada pemusnahan barang bukti narkoba,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak seluruh warga Depok bersama-sama menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba karena bisa merusak generasi muda.  

 

“Penanganan masalah narkoba perlu komitmen dan kesungguhan dari seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bahu membahu memerangi narkoba,” katanya di Depok, Senin (28/6).


Masih kata Idris, keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari masalah narkoba dan berfungsi sebagai unit kecil dalam masyarakat yang merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang lebih baik.


"Rumah tangga adalah sumber kebahagiaan dan kita harus menjaga anak kita sendiri. Karena dalam kasus narkoba bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Keikutsertaan masyarakat sangat penting," katanya.  


Menurutnya, Pemkot Depok telah berupaya menyiapkan fasilitas publik untuk para milenial. Seperti dengan membangun taman terpadu di setiap kelurahan, membangun alun-alun Kota Depok.


“Permasalahan narkoba di Kota Depok dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, hal ini tidak hanya terjadi di Kota Depok saja namun juga seluruh negara di dunia," kata Idris.


Dengan demikian, imbuhnya, tanggal 26 Juni ditetapkan sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) oleh negara-negara di dunia.


"Peringatan ini merupakan bentuk keprihatinan dari negara-negara di dunia serta sebagai komitmen mereka dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika," katanya.

 

Kontributor Jakarta : Andika


Nama

BERITA,1447,FEATURE,263,HEADLINE,1762,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: HANI 2021 “War on Drugs” Menuju Indonesia Bersih Narkoba
HANI 2021 “War on Drugs” Menuju Indonesia Bersih Narkoba
https://1.bp.blogspot.com/-c9iGDVu-LBE/YNl0oiVahAI/AAAAAAAAIeg/aUfaIyGzQgsbbV_Nszg9b1wEbUzz2cgpwCLcBGAsYHQ/s320/HANI%2B2021%2BLido%2BBogor.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-c9iGDVu-LBE/YNl0oiVahAI/AAAAAAAAIeg/aUfaIyGzQgsbbV_Nszg9b1wEbUzz2cgpwCLcBGAsYHQ/s72-c/HANI%2B2021%2BLido%2BBogor.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2021/06/hani-2021-war-on-drugs-menuju-indonesia.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2021/06/hani-2021-war-on-drugs-menuju-indonesia.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content