Vaksin dan Protokol Kesehatan 2 in 1 Proteksi COVID-19

JAKARTA,- Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, vaksin dan protokol kesehatan adalah two in one atau satu k...




JAKARTA,- Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, vaksin dan protokol kesehatan adalah two in one atau satu kesatuan intervensi kesehatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

 

“Masing-masing berperan saling melengkapi sebagai lapisan proteksi terhadap infeksi virus corona jenis baru penyebab COVID-19,” katanya dalam penjelasan pers kepada kamangkaranews.com, Jakarta, Jumat (5/2/2021).

 

Menurut Wiku, masyarakat tidak hanya mengandalkan satu intervensi kesehatan saja. misalnya hanya mengandalkan vaksin agar tidak tertular COVID-19, vaksinasi tidak akan berhasil kalau tidak diimbangi dengan protokol kesehatan.

 

“Protokol kesehatan adalah upaya melengkapi intervensi seperti yang diajarkan analogi Swiss Cheese Model,” kata Wiku.


Berbagai intervensi penanganan COVID-19 diibaratkan sebagai celah pada lapisan keju yang saling menutupi satu dengan lainnya dan tidak dapat ditembus dari luar, sehingga masing-masing upaya berperan semakin signifikan mencegah infeksi virus penyebab COVID-19 jika dilakukan bersamaan.


"Ini juga akan berlaku sebaliknya, jika masyarakat hanya mengandalkan satu intevensi tunggal, maka kekurangan yang ada tidak akan terlengkapi bahkan akan memperburuk keadaan," katanya.


Selain tingkat efektivitas suatu intevensi kesehatan, keberhasilan upaya perlindungan kesehatan di tengah pandemi juga sangat bergantung dengan lapisan proteksi majemuk.


Ia mencontohkan, jika terdapat dua orang memakai masker dan hanya salah satu yang memakai masker tiga lapisan dan tepat menutup hidung dan mulut, maka sudah bisa ditebak mana yang lebih berisiko terpapar COVID-19.


Untuk itu, selama belum tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity, maka pencegahan paling efektif adalah kepatuhan protokol kesehatan oleh seluruh individu.


Upaya edukasi dan komunikasi kepada masyarakat harus dilakukan seimbang antara vaksinasi dan protokol kesehatan.


Dengan demikian, langkah penanganan pandemi COVID-19 tidak bisa dilakukan secara tunggal, harus komprehensif dengan melibatkan protokol kesehatan yang ketat demi menekan lebih banyak jumlah orang yang terinfeksi.


Pada waktu bersamaan, upaya tersebut harus didukung pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga mereka yang sakit semakin sedikit, dan meningkatkan angka kesembuhan.

Kemudian, disertai dengan vaksinasi COVID-19 yang bertujuan untuk mengurangi kerentanan terinfeksi, pengembangan keparahan gejala penyakit dan peluang penularan kepada orang lain.


"Kedepannya saya berharap setiap elemen masyarakat, baik pemerintah, akademisi, komunitas, penggiat usaha maupun media massa memiliki pola pikir yang lebih luas dan mendalam,” harapnya.

 

Diakui Wiku, peranan media massa dalam upaya penanganan COVID-19 dinilai efektif dengan adanya penyebaran informasi yang merata sehingga lebih komprehensif demi penanganan kesehatan yang signifikan ke arah yang lebih baik.

 

Andika, kontibutor Jakarta

 

Nama

BERITA,1485,FEATURE,276,HEADLINE,1815,MISTERI,10,OPINI,25,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Vaksin dan Protokol Kesehatan 2 in 1 Proteksi COVID-19
Vaksin dan Protokol Kesehatan 2 in 1 Proteksi COVID-19
https://1.bp.blogspot.com/-MgE_Zp0J7i4/YBy6mP57OHI/AAAAAAAAHiM/SQ0ARQYRcZs3WvGPhKLW6uQ8YCu1s2irwCLcBGAsYHQ/s320/Jubir%2BCovid19%2BWiku%2BAdisasmito.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MgE_Zp0J7i4/YBy6mP57OHI/AAAAAAAAHiM/SQ0ARQYRcZs3WvGPhKLW6uQ8YCu1s2irwCLcBGAsYHQ/s72-c/Jubir%2BCovid19%2BWiku%2BAdisasmito.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2021/02/vaksin-dan-protokol-kesehatan-2-in-1.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2021/02/vaksin-dan-protokol-kesehatan-2-in-1.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content