Wabup Ridho : Pelestarian Alam untuk Generasi Mendatang



KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, mengingatkan, upaya pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut generasi masa depan anak dan cucu.

"Sebenarnya saat kita menanam pohon itu sedang menanam doa, menanam harapan, menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang," katanya.

Hal itu dikatakan saat menghadiri Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) yang dilaksanakan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat, di Desa Padamenak, Kecamatan Jalaksana, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya, jika alam tidak dirawat dan tidak diperhatikan keberlanjutannya maka mengakibatkan bencana, seperti banjir, longsor di berbagai daerah.

"Kita semua sudah melihat sendiri apa akibatnya bila tidak merawat alam, main asap, tebang pohon, akhirnya hujan sedikit saja bencana seperti banjir dan longsor akan terjadi di beberapa wilayah rawan bencana di Kabupaten Kuningan yang akhirnya menyusahkan kita, menyususahkan rakyat," ujarnya.

Wabup mengapresiasi besarnya partisipasi masyarakat dari berbagai kelompok organisasi dan berbagai macam latar belakang, khususnya organisasi yang berbasis peduli lingkungan di Kabupaten Kuningan yang hadir mengikuti kegiatan GTPP.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang hadir, ternyata minat masyarakat untuk menanam pohon saat ini sangat tinggi, merupakan nilai yang sangat positif dan diharapkan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Ia mengingatkan, pada 28 November mendatang, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Momentum tersebut diharapkan mampu menggalang partisipasi seluruh rakyat Indonesia, Khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan untuk menanam dan memelihara pohon.

“Pada tanggal 28 Nopember, kita akan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. Mudah-mudahan bisa bekerjasama dengan seluruh masyarakat khususnya pemuda, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Ia berharap, Insya Allah Kabupaten Kuningan bisa kembali ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah) lagi dan hijau kembali.

Wabup didampingi Camat Jalaksana, Toni Kusumanto, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat, Ahmad Subagja dan Kades Padamenak, Ibrahim, secara simbolis melakukan penanaman pohon di area tanam disaksikan seluruh undangan. 

deha

Diberdayakan oleh Blogger.