Sekda Dian : Atasi Limbah Sapi, Relokasi Kandang Jadi Satu Kawasan




KUNINGAN (KN),- Sekretaris Daerah, Dian Rachmat Yanuar, menuturkan, Pemerintah Daerah sudah menyediakan lahan untuk penampungan sementara kotoran sapi sebelum diolah menjadi kompos, yaitu di daerah Cipari, Kecamatan Cigugur.

Berita terkait : http://www.kamangkaranews.com/2020/01/limbah-sapi-cemari-sungai-sekda-panggil.html 

“Para peternak yang sudah berkomitmen mengangkut kotoran sapi melalui koperasi tidak mengangkut kotoran sapi ke tempat tersebut, mereka hanya mencari cara cepat dengan membuang kotoran sapi ke sungai,” katanya di ruang kerjanya, Kamis (2/1/2020).

Menurutnya, salah satu cara untuk penanganan masalah ini yang sangat realistis adalah adanya relokasi kandang menjadi satu kawasan yang terpusat seperti di Desa Cibuntu yang membuat Kampung Kambing.

Kandang-kandang yang tersebar dibuat menjadi satu kawasan yang terintegrasi dengan pengolahan kotoran ternak sehingga prosesnya tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

“Namun hal ini memerlukan waktu yang cukup lama, kita akan mencari lahan, dana untuk membangun kawasan relokasi kandang sapi serta melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada para pemilik ternak dan kandang agar mau memindahkan kandangnya ke tempat yang akan disediakan agar masalah limbah ini terselesaikan tanpa merugikan semua pihak,” katanya. 

Sumber : Humas Setda Kuningan.


Diberdayakan oleh Blogger.