Mahasiswa Rotterdam University Lakukan Penelitian Penanggulangan Bencana Rob




KAJEN (KN)- Sebanyak 5 orang mahasiswa dari Roterdam University Belanda melakukan kunjungan ke Pemkab Pekalongan dan diterima langsung Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi di ruang kerjanya, Senin (30/9/2019).

Menurut Bupati, kelima mahasiswa itu akan melakukan penelitian berkaitan upaya Pemkab Pekalongan dalam penanggulangan rob, sekaligus water management.

Pemkab Pekalongan secara kelembagaan sudah melakukan MoU dengan Rotterdam University dan Dewan Air di Belanda secara triple hellick untuk mengedukasi masyarakat pasca jadinya tanggul penahan rob.

“Para mahasiswa Rotteram Univeristy itu nanti akan dilatih bagaimana cara mengukur (membaca elevasi air), bagaimana mengoperasionalkan pompa (melakukan perawatan),” terang Bupati.

Karena setelah tanggul ini jadi akan berdampak adanya perubahan lingkungan sekitar. Sekaligus tanggul raksasa ini, long storage nya akan dijadikan wisata air seperti dayung dan sejenisnya. Sehingga ini akan merubah cara pandang masyarakat terhadap lingkungannya karena memang ada hal baru.

“Oleh karena itu 5 orang mahasiswa S1 dan S2 dari Rotterdam University akan melakukan studi intensif di Kabupaten Pekalongan berkaitan dengan penanganan  water menegemen,” imbuhnya.

Pewarta :  slam,.s.u
Editor : deha



Diberdayakan oleh Blogger.