HUT Pramuka Ditandai Launching Buku Pramuka Kuningan Memandu



KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengapresiasi launching buku berjudul Pramuka Kuningan Memandu. Ini adalah sebuah karya luar biasa yang dihasilkan dari Gerakan Pramuka di Kuningan.

Menurut bupati, buku itu akan dijadikan sebuah pijakan. Apalagi dalam konteks kebhinekaan.

“Insya Allah, kita sepakat NKRI harga mati, Pancasila harus menjadi ideologi dan panduan kita untuk membangun bangsa ke depan,” katanya dalam peringatan HUT ke-58 Pramuka Kwarcab Kuningan tahun 2019 di GOR Ewangga, Kamis (12/9/2019).

Mengenai penandatanganan nota kesepahaman antara BNN Kuningan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Kuningan menjadi solusi dalam memerangi Narkoba, Acep mengatakan, saat ini, Indonesia betul-betul darurat Narkoba dan harus diperangi bersama-sama khususnya bagi generasi muda sekarang.

“Jangankan kita, Presiden Indonesia Pak Jokowi sudah menyatakan Indonesia darurat narkoba. Ini berarti sudah dalam titik bahaya, maka kita sepakat selaku insan-insan pramuka yang memiliki jati diri yang jelas, Insya Allah tidak akan terkena narkoba,” katanya.

Ia menghimbau, jika mengetahui ada yang terindikasi terjerumus narkoba, segera diberitahukan kepada pihak terkait seperti BNN Kuningan. Hal ini sebagai langkah untuk memberantas narkoba, agar tidak semakin merajalela dan merusak generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kuningan, Rana Suparman, mengatakan, pramuka adalah potensi generasi penerus bangsa yang akan datang. Gerakan Pramuka menjadi suatu wadah untuk membentuk kharakter anak bangsa.

“Generasi muda saat ini harus punya nilai kompetitif dan produktif, salah satunya keteladanan yang sudah tercermin dalam kegiatan pramuka. Saya terus mendorong agar pramuka menjadi keteladanan bagi nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Dijelaskan, Gerakan Pramuka adalah satu-satunya organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia, dengan tujuan sangat mulia yaitu membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Sekaligus mampu menjadi warga negara yang berjiwa pancasila, setia dan patuh pada NKRI.

Untuk mencapai tujuan itu, salah satunya adalah menumbuhkan minat dan kecintaan kaum muda Indonesia terhadap Gerakan Pramuka.

“Peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Kwartir Cabang Kuningan merupakan salah satu media dalam menggugah semangat anggota pramuka untuk terus berikhtiar dalam membina dan mendidik kaum muda Indonesia, dalam menghantarkan generasi kita ke masa depan yang lebih baik,” katanya.

Pantauan media ini, ribuan anggota Pramuka Kwarcab Kuningan memadati GOR Ewangga. Nampak hadir Wakil Bupati, HM. Ridho Suganda dan Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.