Door Prize Jadi Penarik Minat Pemilih dalam Pilkades




BATANG (KN),- Untuk meningkatkan jumlah pemilih dalam Pilkades Serentak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada tahun ini di 200 desa yang diikuti 400 orang kandidat, keluarga peserta calon kades menyediakan door prize.

Seperti halnya di Desa Menguneng, Kecamatan Warungasem, Minggu (29/9/2019) meskipun para pemilih terdiri dari suami istri tetapi dari 2500 DPT kehadirannya mencapai 2017 orang pemilih (90%). 

Ternyata satu orang permilih sebelum masuk ke bilik Tempat Pemungutan Suara (TPS) diberi kupon door prize oleh panitia pelaksana dan hadiahnya diundi setelah selesai penghitungan suara yang terdiri dari kulkas, sepeda, magicom, peralatan dapur dan lain-lain.

Dengan adanya door prize, para pemilih yang datang ke TPS bukan hanya menunaikan kewajibannya tetapi berharap akan mendapatkan hadiah.

Ketua Panitia Pilkades di Desa Menguneng, Mufid, kepada wartawan mengatakan, door prize bukan bagian dari kepanitiaan pilkades, hadiah-hadiah itu sumbangan dari keluarga peserta pilkades untuk siapapun yang beruntung, sifatnya diundi dan siapa yang beruntung itulah yang berhak. 

"Kegiatan door prize bukan kegiatan kepanitiaan pilkades di Desa Menguneng, itu kegiatan lain yang diadakan oleh keluarga peserta calon kades bertepatan pada hari pilkades," terangnya.

Disebutkan, pilkades dimenangkan oleh Abdul Roni dengan perolehan suara lebih dari 1900 suara. Sedangkan rivalnya, Asna hanya mendapatkan 100 lebih suara.

Pewarta : rhm
Editor : deha


Diberdayakan oleh Blogger.