Jelang Idul Fitri 2019, Dishub Kuningan Siap Layani Pemudik





KUNINGAN (KN),- Menjelang arus mudik dan balik Idul Fitri 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan siap melayani masyarakat dan pemudik.

“Halaman kantor dan dinas instansi pemerintah yang berada di pinggir jalan lintasan jalur mudik wajib berfungsi menjadi rest area para pemudik,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan, Deni Hamdani, Rabu (22/5/2019).

Misalnya halaman balai desa dan kecamatan bukan hanya sebagai tempat istirahat tapi jika ada pemudik tersesat minimalnya bisa bertanya di rest area. Nanti Bupati Kuningan akan mengeluarkan surat pemberitahuan.

Menurutnya, pengemudi harus tetap fit maka setiap empat jam sekali diwajibkan istirahat untuk menghindari kecelakaan akibat kelelahan atau mengantuk, termasuk kendaraan harus layak pakai.

Selain itu pula, kondisi jalan dan penerangan jalan yang akan dilintasi para pemudik harus dalam kondisi baik.

“Alhamdulillah dari PPK Jalan Nasional Wilayah III tadi bisa hadir dalam rapat angkutan lebaran dan akan membangun posko di Darma karena sekarang anomali cuaca untuk mengantisipasi jalur Cikijing-Darma terjadi longsor,” katanya.

Kalau pos gatur semuanya di bawah kendali kepolisian, sedangkan Dishub Kuningan menjadi anggotanya.

Sedangkan angkutan umum, terutama bis, besok akan dilakukan Ram Check atau pemeriksaan kendaraan dan pada H-7 para pengemudi angkutan umum akan ditest urine

“Agar kenyamanan para penumpang terjamin, kendaraan laik jalan dan pengemudi tidak dalam keadaan mabuk akibat narkoba maupun miras,” katanya.

Kabupaten Kuningan merupakan daerah tujuan mudik dan pariwisata yang dipastikan akan padat. Bukan hanya terjadi arus mudik dan balik warga Kuningan dari dan ke perantauan tapi kendaraan ke tempat wisata volumenya akan meningkat.

Dishub Kuningan akan memberlakukan buka tutup jalur ke tempat wisata, misalnya ke daerah Palutungan jika sudah padat maka akan ditutup, masyarakat dipersilahkan memutar arah mencari lagi tempat wisata lainnya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.