Polres dan Dishub Kuningan Ram Check Angkutan Lebaran





KUNINGAN (KN),- Mengantisipasi kecelakaan lalulintas (lakalantas) angkutan lebaran 2019, Polres dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan mulai pukul 06.30 wib melakukan Ram Check kendaraan di Terminal Bis Kertawangunan, Jumat (24/5/2019).  

“Kegiatan ini sejak kemarin bertujuan mengecek kesiapan armada layak tidaknya dipakai angkutan lebaran 2019,” kata KBO Lantas Polres Kuningan, Iptu Sutarja. F, kepada media ini.

Menurutnya sangat penting sekali dilakukan pemeriksaan, kalau tidak layak jalan disuruh memperbaiki dulu sebelum dipergunakan operasional angkutan mudik dan balik karena keselamatan nomor satu.

Hingga saat ini, belum ditemukan kendaraan angkutan umum yang tidak laik jalan, mungkin kondisi kendaraan sudah dipersiapkan oleh para pengusaha angkutan.

Jika nanti ditemukan ada kendaraan tidak laik jalan, baik kondisi fisik kendaraan maupun kelengkapan surat-suratnya, ia akan menahannya dan tidak boleh jalan dulu sebelum membereskan hal itu.

“Ram Check ini mengambil sampel kendaraan dari berbagai perusahaan angkutan tapi semua kendaraan yang akan berangkat ke Jakarta akan diperiksa disini,” katanya.

H-7 Idul Fitri Polres dan Dishub Kuningan akan melakukan Ram Check lagi sekaligus test urine kepada para pengemudi Bis, bekerjasama dengan BNN Kuningan.       


Ia menyarankan kepada para pemudik, pergunakan angkutan sudah ada (angkutan umum, red) baik dari pemerintah maupun perusahaan, jangan menggunakan kendaraan yang tidak layak jalan.

“Kepada pengemudi kendaraan bila merasa lelah atau mengantuk agar istrirahat di rest area, jangan memaksakan diri karena akibatnya bisa fatal,” katanya.

Pos Gatur dan Pos Pam tahun 2019 akan ada penambahan dan diperketat kembali karena untuk mengantisipasi kendaraan atau pemudik yang akan datang ke Kuningan.

Di wilayah yang arus lalinnya padat, selain ada Pos Gatur juga sudah dipersiapkan anggota tim urai kepadatan dalam satu komando.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.