Seni Angkung Icon Pariwisata Kuningan





KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan, seni angklung sebagai icon pariwisata Kabupaten Kuningan dan menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.  

Hal itu dikatakan pada saat Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata di Waduk Darma, Minggu (28/4/2019).

Menurutnya, kegiatan itu akan menjadi daya tarik wisata di Kuningan terutama Objek Wisata Waduk Darma pada tahun ini akan direvitalisasi Pemprov Jawa Barat.

Revitalisasi berdampak terhadap perekonomian warga sekitar dan Kabupaten Kuningan menjadi Destiniasi Wisata bertaraf internasional terbaik di  Jawa Barat.  

“Tentunya dampak positifnya akan dirasakan untuk kemajuan Kabupaten Kuningan,” katanya.



Kepada para peserta Gowes Wisata dari luar Kuningan, ia menyampaikan terimakasih dan semoga berkesan dan akan kembali lagi ke Kuningan dengan membawa para pengunjung lainnya untuk menikmati keindahan alam yang diberikan Allah SWT.

Sementara itu, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, mengatakan, digelarnya Gowes Wisata akan menjadi media untuk mempromosikan wisata yang berada di Kuningan khususnya Objek Wisata Waduk Darma.

“Selain berolahraga para peserta gowes juga dihibur kesenian angklung,” katanya.  

Sejarah perkembangan angklung diatonik dipelopori Daeng Sutigna, Kabupaten Kuningan telah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Angklung dan berupaya untuk terus mengembangkan dan melestarikan kesenian angklung.

Kesenian angklung ini  ditujukan agar ciri khas Kuningan sebagai cikal bakal atau tempat lahirnya angklung diatonis tidak hilang dimakan zaman.

Festival Angklung menjadi agenda tahunan dan hingga saat ini sudah kali ketiga, bertujuan memasyarakatkan angklung di kalangan pelajar dan masyarakat Kuningan pada umumnya.

“Bahkan di Desa Cibuntu sudah ada yang membuat angklung sendiri,” katanya.

Festival Angklung memperebutkan Tropi Bupati Kuningan, peserta angklung dari perwakilan sekolah-sekolah di Kabupaten Kuningan berlangsung Hari Senin, 29 April 2019.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.