Sekda Dian : Penghijaun dan Revitalisasi Mata Air Digagas DPD Gema Jabar Hejo Tingkatkan Kolektif Kesadaran Pelestarian Alam



KUNINGAN,- DPD Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan bersama relawan lingkungan  lainnya melakukan penanaman pohon dan revitalisasi mata air di Puncak Manik, Desa Cimulya, Kecamatan Cimahi, Sabtu (3/2/2024).


Dalam keterangan tertulisnya Humas DPD Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan, menjelaskan, kegiatan tersebut dibuka Sekda Dian Rachmat Yanuar mewakili Pj Bupati Kuningan.


"Semoga kegiatan seperti  ini akan menjadi semangat  kolektif untuk meningkatkan kesadaran mencintai alam," kata Sekda Dian Rachmat Yanuar, saat membuka acara.


Ia mengapresiasi Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan dan relawan lingkungan dari berbagai komunitas  yang telah peduli untuk penghijauan dan revitalisasi mata air sebagai wujud pelestarian alam berkelanjutan. 


"Alam bukan hanya bisa dinikmati saja tapi mari kita mencintai alam dengan menjaga dan merawatnya. Salah satunya dengan menanam. Pernahkah kita menanam?, berapa kali kita menanam?,  semakin banyak menanam, semakin banyak manfaatnya bagi ekosistem dan kehidupan manusia," katanya.


Menurutnya, penanaman pohon memiliki berbagai manfaat, seperti menyediakan oksigen, menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi polusi udara dan memperbaiki kualitas tanah, dapat mengurangi erosi tanah dan meningkatkan penyimpanan air dalam tanah.


Lebih lanjut dikatakan, menanam adalah sebuah doa karena ini bentuk permohonan kepada Sang Penguasa Alam Semesta Allah SWT untuk senantiasa mendapatkan keberkahan atas nikmat alam yang telah diberikan.


"Menjaga mata air, agar kelak tidak menjadi air mata akibat tidak adanya kepedulian pada alam," kata Dian mengingatkan.


Sementara itu, Ketua DPD Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan, Daeng Ali, mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan dan berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjadi kerusakan lingkungan. 


"Kerusakan lingkungan lebih besar dampaknya daripada teroris,  karena bukan hanya untuk masa kini, melainkan berdampak pada anak cucu kita," kata Ali didampingi Ketua Pelaksana yang juga Sekretaris DPD Gema Jabar Hejo, Nanang Subarnas.


Untuk itu, ia berharap mulai hari ini tanamkan semangat menanam mulai dari diri sendiri dan generasi muda, seperti saat ini turut serta relawan lingkungan dari tingkat pelajar dan komunitas lainnya yang selalu berperan aktif melakukan penanaman.


Ia menjelaskan, Gema Jabar Hejo setiap tahun menyelenggarakan reboisasi dan revitalisasi mata air. Untuk pelaksanaan kegiatan di wilayah Desa Cimulya ini  berdasarkan permintaan dari warga yang merupakan sinergitas semua pihak.


“Kali ini jumlah yang ditanam sebanyak 500 dengan jenis pohon  ringging, cengal pasir, kimenyan, kiara payung, pisitan monyet, loquat, kacapi, salam dan jahe,” sebutnya.


Adapun undangan dan relawan yang hadir, imbuh Nanang, terdiri dari BPBD Kuningan, Perhutani, CDK Wilayah VIII Jabar, Kadiskatan Kuningan, Dinas LH Kuningan, PAM Tirta Kamuning, Gema Jabar Hejo, Pemerintah Kecamatan Cimahi, Danramil Luragung, Polsek Luragung, Pemerintahan Desa Cimulya.


Selain itu,  Satpol PP Kuningan, UPT Damkar Kuningan, BPD Cimulya,  Senkom,  LDII Kuningan, Koord. AMPAS, Kelana Buana, para Pelajar  Riung Gunung, Pagar Nusa, Karang Taruna, SMPN 1 Kuningan, SMPN 1 Filial Cimulya, Komunitas Trail dan lainnya.


Pewarta : deha.
Sumber : DPD Gema Jabar Hejo.

Diberdayakan oleh Blogger.