PAM Tirta Kamuning Targetkan 80 Ribu SR dan PAD Rp10 Milyar



KUNINGAN (KN),- Plt Direktur PAM Tirta Kamuning, Kabupaten Kuningan, Ukas Suharfaputra, mengatakan, target satu tahun ke depan adalah meningkatkan penyediaan air baku.


"Alhamdulillah upaya itu sudah kita laksanakan tahun ini dengan mengumpulkan titik-titik air baku yang kiranya bisa kita tambahkan karena saat ini kita hanya punya 617 liter per detik dari 17 mata air," sebut Ukas ketika Halalbihalal di halaman PAM Tirta Kamuning, Rabu (10/5/2023).

Lebih lanjut dikatakan, permintaaan dari waktu ke waktu terus meningkat tapi karena air baku yang tersedia relatif stagnan hanya di 617 sehingga SR (Sambungan Rumah Tangga) tidak bisa tumbuh dengan cepat.

Sudah dua tahun ini SR di bawah 60.000 karena tidak bisa bertambah jika air baku tidak bisa ditambah, sehingga target tahun depan mengumpulkan sumber-sumber air baku dan tahun ini mudah-mudahan bisa tercover empat titik air baku.

"Untuk di Cibanen, Alhamdulillah sudah kita miliki dengan debit 260  liter per detik dan ada dua titik lagi Insya Allah kita akan bergerak  tahun ini dan tahun depan dengan target ditambah 1000 liter per detik," sebutnya.

Karena dari 617 ditambah 1000 liter per detik maka persoalan air di Kabupaten Kuningan bisa diselesaikan dan bisa membuat sambungan-sambungan baru misalnya di wilayah timur yang permintaannya sangat tinggi.

Dengan kemampuan 1500 liter per detik, imbuhnya, bisa untuk pengembangan usaha, sehingga PAM Tirta Kamuning bisa tumbuh dan berkembang baik secara pelayanan maupun profitabilitas.

"Kita harus bisa berimajinasi dalam waktu lima tahun ke depan sumber debit air bisa dua kali lipat bisa 1200-1500 liter per detik. Asumsinya jika air baku bertambah maka SR akan bertambah mungkin 70.000-80.000 sambungan," katanya.

Apabila SR sudah 80.000 maka pendapatan akan meningkat, selama ini PAD dari PAM Tirta Kamuning Rp2,4 milyar per tahun, jika SR sudah mencapai 80.000, PAD akan mencapai Rp10 milyar per tahun.

"Kita berkomitmen bekerja keras dan tema Halalbihalal yaitu "Menyatu Dalam Cinta, Membangun Inovasi dan Kinerja" karena kunci kinerja menurut saya bukan hanya manajemen tetapi membuat rasa kekeluargaan dan soliditas yang kuat," pungkasnya.

Terpantau, nampak hadir Bupati Kuningan, Acep Purnama beserta para kabag di lingkup Setda Kuningan. Begitu pula para kepala divisi maupun pejabat PAM Tirta Kamuning dan ratusan karyawan.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.