Mau Baca Buku Gratis? Bisa Diakses di Perpustakaan Digital




KUNINGAN (KN),- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan sudah menggulirkan program Perpustakaan Digital agar bisa diakses di 376 desa/kelurahan.


"Perpustakaan digital bisa diakses di  https://epusdaku.kuningankab.go.id/ akan memudahkan orang yang membutuhkan literasi atau sumber bacaan," kata Kadis  Kearsipan dan Perpustakaan, Dudy Budiana, melalui Sub Koordinator Pengelolaan Koleksi Perpustakaan, Yanto Chrisdianto, Senin (16/1/2023).


Dijelaskan, untuk menjadi anggota perpustakaan digital harus daftar dulu di https://epusdaku.kuningankab.go.id/ tapi kalau e-book tidak perlu daftar karena bisa langsung mencari buku di situs tersebut.


Di e-book banyak sumber informasi pengetahuan sehingga dapat meningkatkan wawasan atau skill mulai dari bidang pertanian dan lain sebagainya.


"Bahkan isi e-book bisa langsung didownload oleh pembaca dan hal ini seiiring dengan Visi Kuningan MAJU (Ma'mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa 2023 serta Jawa Barat Menuju Literasi Digital," katanya, kepada kamangkaranews.com.


Menyikapi adanya pendapat mengenai sepinya pengunjung datang ke Perpustakaan Daerah yang beralamat di Jalan Siliwangi depan SMPN 1 Kuningan, ia menerangkan, pendapat itu tidak benar.


Menurutnya, kondisi tersebut jangan digeneralisir tetapi harus bijak kapan ketika melihat Perpustakaan Daerah, jika melihatnya setelah pulang kerja, pasti sepi karena sudah tutup.


Perpustakaan Daerah masih banyak dikunjungi masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa, bahkan di sana sering dijadikan tempat berdiskusi.


Terkait koleksi perpustakaan, imbuhnya, masih terus dilengkapi, meskipun sudah ada ribuan buku dan hal ini bisa juga terjadi di Perpustakaan Nasional.


"Setiap tahun kita ada pengadaan koleksi buku fisik dan e-book dari Perpustakaan Nasional," katanya.


Untuk meningkatkan minat baca masyarakat sudah dikukuhkan Bunda Literasi dari Tim Penggerak PKK, mulai tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan.


Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.