Tiga Tim Mahasiswa Akuntansi Uniku Boyong Prestasi Nasional Cerdas Cermat

KUNINGAN,- Prestasi demi prestasi terus diraih oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan kampus pertama di Ka...




KUNINGAN,- Prestasi demi prestasi terus diraih oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan kampus pertama di Kabupaten Kuningan.

Tak tangung-tanggung, tiga tim dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan (Prodi Ak FEB Uniku) berhasil memboyong tiga juara sekaligus ajang Lomba Cerdas Cermat di Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung).

"Grand final dilaksanakan di Auditorium KH Ahmad Dahlan  pada tanggal 25 – 28 November 2022 kemarin," kata Ketua Prodi Akuntansi, Lia Dwi Martika,dalam keterangan resminya, Selasa (6/12/2022).

Disebutkan, tiga tim mahasiswa yang meraih prestasi nasional itu terdiri dari CASH KU 1, Egidia Maryam, Dina Nurochmah dan Nani Sumarni. Kemudian, tim CASH KU 2, Nisrina Nur Fitriyani, Heni Rohaeni dan Aliyah Nuraeni. Sedangkan, tim CASH KU 3, Elda Nurlaela, Effie Rahma A dan Sani Rahma Sari.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Accounting Seminar on Sustainability and Technopreneurial (ASST) nasional satu tingkat mahasiswa, yang di dalamnya mengadakan berbagai perlombaan diantaranya call for paper, essai, accounting got talent dan cerdas cermat. 

"Perlombaan yang diikuti adalah kategori cerdas cermat. Alhamdulillah, tim kami memboyong juara 1,2 dan 3 sekaligus,” katanya. 

Menurutnya, perlombaan ini terdiri dari tiga tahap yaitu pertama main round atau penyisihan. Kemudian, semifinal round dan terakhir final round.

“Untuk tahap main round dilaksanakan 25 November 2022. Sedangkan, babak semifinal dilangsungkan pada hari yang sama dengan final round yaitu 28 November 2022 kemarin,” ucap mantan Sekretaris Satuan Pengawas Internal (SPI) Uniku.

Pada babak main round dilaksanakan secara online melalui zoom meeting di Universitas masing-masing. Sedangkan babak semifinal dan final round secara luring tatap muka yang bertempat di Auditorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung).

Untuk peserta yang mengikuti lomba kategori cerdas cermat terdiri dari 20 tim dengan 6 tim yang lolos ke babak semifinal.

“Tim yang lolos ke babak semifinal terdiri dari Sadewa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, tim cash ku 1, 2 dan 3 dari Universitas Kuningan, tim Catalys dan Romudi dari Universitas Muhammadiyah Bandung,” terang Lia sapaan akrabnya.

Lia yang juga jebolan S1 dari Prodi Akuntansi FEB Uniku tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Rektor Universitas Kuningan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta jajarannya. Keluarga besar Prodi Akuntansi yang telah memberikan dukungan secara materi maupun non materi sehingga bisa mengikuti perlombaan ini.

“Pada awalnya ia mendapat informasi dari dosen pembimbing terkait informasi perlombaan ini sehingga terbentuklah tiga tim yang terdiri dari tim CASH KU 1, CASH KU 2 dan CASH KU 3.

"Kami ucapkan juga terima kasih kepada Bapak Amir Hamzah S.E., M.Si dan Ibu Teti Rahmawati, S.E., M.Si., Ak. yang telah membimbing teman–teman mahasiswa dan mahasiswi selama mengikuti perlombaan ini sampai dengan selesai,” ucap Lia yang diamini Sekretaris Prodi Akuntansi Dendi Purnama.

Sementara itu, Dekan FEB, Lili Karmela Fitriani, mengatakan, awalnya babak main round (penyisihan) yang dilaksanakan secara online, rekan – rekan mahasiswa dan mahasiswi mengerjakan siklus akuntansi dengan waktu satu jam.

“Alhamdulillah, di babak ini teman-teman mahasiswa dan mahasiswi dapat menyelesaikannya dengan baik sehingga dapat lolos ke tahap selanjutnya,” ucapnya.

Di babak semifinal yang bertempat di Auditorium Universitas Muhammadiyah Bandung, masih kata Lili menuturkan, dibagi dua sesi, masing-masing sesi terdiri dari tiga tim dengan dilaksanakan sistemasi cerdas cermat yaitu soal dibacakan secara langsung.

"Teman-teman mahasiswa dan mahasiswi diberikan waktu untuk menjawab selama 30 detik untuk menjawab soal teori dan 1 menit untuk soal hitungan. Alhamdulillah, pada babak ini ketiga tim mendapat skor tertinggi dari 6 tim,” tutur mantan Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana Uniku.

Dijelaskan, di babak final diikuti empat tim, terdiri dari tim CASH KU 1,2,3 Uniku dan tim Sadewa Umsida.

Babak ini dilakukan dengan sistemasi cerdas cermat sejumlah 10 soal rebutan. Hasilnya tim CASH KU 2 meraih juara I, tim CASH KU 3 meraih juara II dan tim CASH KU 1 meraih juara 3. Sedangkan, untuk juara keempat diraih oleh tim Sadewa Umsida.

"Selamat kepada ketiga tim mahasiswa dari Prodi Akuntansi atas raihan prestasi yang telah dicapai dan cukup membanggakan ini. Atas nama pribadi dan lembaga, saya sampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya,” jelas Lili.

Terpisah, Rektor Universitas Kuningan, Dikdik Harjadi, didampingi Wakil Rektor IV, Novi Satria Praja, mengatakan, beberapa waktu yang lalu raihan prestasi nasional diraih oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku.

Kali ini mahasiswa dan mahasiswi Uniku kembali berjaya di tingkat nasional dengan memboyong juara 1, 2 dan 3 sekaligus di ajang cerdas cermat yang dilaksanakan di Universitas Muhammdiyah Bandung.

“Saya atas nama pribadi maupun lembaga, menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Uniku khususnya kepada ketiga tim dari Prodi Akuntansi FEB yang sudah berjuang dan mampu menorehkan prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama Uniku di level nasional,” ucapnya.

Dengan diraihnya torehan prestasi tersebut, masih kata Dikdik, menjadi bukti nyata untuk kesekian kalinya bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku memiliki kualitas dan daya saing.

“Walaupun kita berada di daerah, namun kita mampu bersaing dengan perguruan tinggi besar dan ternama di kota besar. Ini salah satu bukti nyata jika mahasiswa dan mahasiswi Uniku memiliki kualitas dan berdaya saing,” ujarnya.

Dikdik yang merupakan dosen Magister Manajemen (MM) Sekolah Pascasarjana Uniku, berharap, dengan diraihnya prestasi nasional yang ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku, diharapkan dapat memberikan dorongan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Semoga, terus memberikan dorongan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk terus berkarya dan berprestrasi lagi ke depannya," pungkasnya. (*)

Nama

BERITA,1929,FEATURE,406,HEADLINE,2272,OPINI,31,RAGAM,17,
ltr
item
kamangkaranews: Tiga Tim Mahasiswa Akuntansi Uniku Boyong Prestasi Nasional Cerdas Cermat
Tiga Tim Mahasiswa Akuntansi Uniku Boyong Prestasi Nasional Cerdas Cermat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeXRVlA3YAjq14x5tAWTNGP--JH2bvK8K1541riuDEE7m3wPmjFFz9JGi3wiCCNLzVZ6otJAeIRKHU14ZIPL9zObAWe1Lu_Y-QJa-kaBR5-qLTEvq2pZIP5RV7DmllauAQTj9oydGyWnhXJHsY3Sb-vB0t0lI7kg3cm-X6-lkkeu4a10y9XZ4GzI5u/w400-h221/ak.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeXRVlA3YAjq14x5tAWTNGP--JH2bvK8K1541riuDEE7m3wPmjFFz9JGi3wiCCNLzVZ6otJAeIRKHU14ZIPL9zObAWe1Lu_Y-QJa-kaBR5-qLTEvq2pZIP5RV7DmllauAQTj9oydGyWnhXJHsY3Sb-vB0t0lI7kg3cm-X6-lkkeu4a10y9XZ4GzI5u/s72-w400-c-h221/ak.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2022/12/tiga-tim-mahasiswa-akuntansi-uniku.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2022/12/tiga-tim-mahasiswa-akuntansi-uniku.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content