Hari AIDS se-Dunia 2022, Diesel One Solidarity Gelar Rock The Ribbon, Global Solidarity, Shared Responsibility



JAKARTA,- Hari AIDS se-Dunia 1 Desember 2022, Diesel One Solidarity dan ILUNI UI menggelar acara bertema Rock The Ribbon, Global Solidarity, Shared Responsibility.





Managing Director Diesel One Solidarity, Ayuningtyas Widari Ramdhaniar, dalam keterangan persnya, Sabtu (3/12/2022) mengatakan, acara tersebut diadakan di @America Pacific Place Jakarta, Kamis (1/12).

Diesel One Solidarity dan ILUNI UI berkolaborasi dengan Kedutaan Amerika Serikat, DPR RI, Kementerian Kesehatan RI, UNAIDS, Psikobudaya Universitas Indonesia serta Yayasan Syair Sahabat yang menaungi Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA) sejak lahir.

"Kegiatan itu dalam rangka Hari AIDS se-Dunia 1 Desember 2022 dan merupakan rangkaian 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan 25 November-10 Desember," kata perempuan cantik kelahiran Kabupaten Kuningan yang biasa disapa Teh Tyas.

Acara Rock The Ribbon, Global Solidarity, Shared Responsibility berfokus untuk mengatasi stigma penderita HIV/AIDS serta penjelasan bagaimana sesungguhnya AIDS dapat tertular, bagaimana pencegahannya karena masih banyak hoax yang beredar. 

“Isu ini sangat penting untuk diangkat khususnya saya miris mendengar cerita dari Mas Syarif Ketua Yayasan Syair Sahabat bahwa banyak sekali diskriminasi anak-anak di sekolah sampai dikeluarkan 5 kali dari sekolah," kata Teh Tyas selaku moderator dan inisiator acara itu.

Padahal anak-anak itu memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang sama dan itu dilindungi oleh undang-undang, maka ia punya gagasan untuk memulai sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat secara masif

"Apa saja solusi yang mungkin akan diambil ke depannya oleh DPR RI dan Kementerian Kesehatan, sehingga mulai November lalu saya mulai beraudiensi dengan satu-satu narasumber dan bersyukur mereka berminat," katanya.

Teh Tyas yang juga Executive Director ReThinkbyAWR Strayegic Partnership, menerangkan, ReThinkbyAWR merupakan lembaga Strategic Partnership, memfasilitasi dan mengkolaborasikan setiap kegiatan agar lebih berdampak besar, oleh karena itu sebisa mungkin ia  mengajak kolaborasi yang banyak.

Menurutnya, anggota DPR RI Komisi IX, Suryani Chaniago, sangat berkomitmen terselenggaranya acara ini, tepat H-1 sebelum Komisi IX melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Kesehatan.

HIV/AIDS salah satu hal yang dibahas dalam RDP dan Kementerian Kesehatan perlu mensinergikan dengan Kementerian Pendidikan terkait mungkin terbitnya PP yang mengatur khusus anak dengan HIV/AIDS tidak boleh dikeluarkan dan jika terjadi harus ada hukuman bagi yang mengeluarkan.

Selengkapnya ia menjelaskan kegiatan itu, Kollabolator, ILUN UI dan @america, Opening Remarks, Sara Heydari as Health Officer USAID dan Keynote speaker Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Adapun narasumber, Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago, UNAIDS Indonesia, Yasmin Purba, Scholar Activist, Nukila Evanty, Ketum ILUNI UI, Didit Ratam, Dosen Peneliti Psikobudaya UI,  Endang Maryani dan Syair Sahabat Foundation, Ahmad Syarif.

"Hadir pula Mr. Erick Alexander Acting Deputy Chief of Mission US Embassy Jakarta," katanya.

Pada kesempatan itu, Diesel Solidarity yang disupport oleh Yayasan Solidaritas Kawula Muda menyerahkan bantuan untuk Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA) Rp24 juta,  diserahkan Ayuningtyas Widari Ramdhaniar selaku fasilitator acara didampingi Menteri Kesehatan RI dan Ketua Umum ILUNI UI.

Pewarta : deha.
Diberdayakan oleh Blogger.