Siti dan Ika : Makanan di Saung Dapur Fortuna Cocok dengan Lidah Orang Sunda

Siti Nurhasanah, SP.d.I dan Ika Qomariah, SP.d.I


KUNINGAN (KN),- "Makanan di Saung Dapur Fortuna cocok dengan lidah orang Sunda atau Kuningan," kata Siti Nurhasanah, warga Desa Tirtawangunan, Kecamatan Sindangagung didampingi temannya, Ika Qomariah dari Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan.

Pengakuan itu diungkapkan kepada kamangkaranews.com, ketika ditanya soal cita rasa, saat mereka selesai makan di Saung Dapur Fortuna Jalan Lingkar Timur, Bojong, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Minggu (25/9/2002).

Ia bersama temannya, baru kali pertama datang ke Saung Dapur Fortuna, menurutnya cita rasa makanannya enak sekali sangat cocok dengan lidah orang Sunda maupun Kuningan.

"Selesai pengajian di Winduhaji kami jalan-jalan ke Jalan Lingkar Timur mencari makanan kebetulan belum sarapan, awalnya mau ke tempat es kelapa muda" kata Siti yang berasal dari Purwakarta menikah dengan warga Kuningan.

Namun ia pun sempat berpikir, di tempat itu hanya ada makanan ringan bukan makanan berat seperti nasi, dalam perjalanan di sebelah kiri jalan ia melihat bangunan terbuat dari bambu dan kayu serta baliho kecil bertuliskan Saung Dapur Fortuna.

"Kami berhenti dan masuk karena saya pikir namanya dapur pasti ada nasi, akhirnya kami makan di sini, ternyata makanannya enak sekali cocok untuk lidah orang Sunda atau Kuningan," kata Siti.

Senada dengan itu, Ika menuturkan, selain menu makanannya yang enak, tempatnya pun nyaman, makan di saung di atas kolam, udaranya segar dan pemandangan di sekeliling Saung Dapur Fortuna terasa asri.

"Tadinya saya mau nambah tapi perut sudah kenyang, soalnya makanannya nikmat, Insya Allah nanti saya akan mengajak keluarga makan di sini," ucap Ika.

Terpisah, warga Ciawigebang Kabupaten Kuningan, bernama Indah, saat diminta pendapatnya usai makan bersama putrinya, mengatakan, ia datang ke Saung Dapur Fortuna untuk yang kali kedua.

"Sebelumnya saya pernah ke sini tapi waktu itu datang terlalu pagi jadi makanannya belum matang karena penasaran sekarang ke sini lagi," katanya.

Indah merupakan warga Purwokerto, Jawa Tengah, kemudian menikah dengan orang Ciawigebang, Kabupaten Kuningan.

Ditanya apakah ada perbedaan rasa makanan antara di Purwokerto yang dominan manis dibandingkan di Kuningan yang biasanya makanan Sunda lebih banyak rasa asin, ia menjelaskan, di Saung Dapur Fortuna tidak ada bedanya.

"Makanan di sini enak, manis dan asinnya cukup, bikin ketagihan," pungkasnya.

Baca juga : 
https://www.kamangkaranews.com/2022/09/buka-usaha-saung-dapur-fortuna.html?m=1

Pewarta : deha


Diberdayakan oleh Blogger.