Libur Idul Fitri 1443 H, Jumlah Pengunjung Obyek Wisata Curug Landung Sedikit Meningkat


KUNINGAN (KN),- Ketua Paguyuban Pengelola Destinasi Wisata  Kabupaten Kuningan (PP Dewiku), Abidin, mengatakan, pasca PPKM dan PSBB pada libur Idul Fitri 1443 H, jumlah wisatawan lokal ke obyek wisata Curug Landung terdapat sedikit peningkatan.
 
Penjelasan itu disampaikan kepada sejumlah wartawan di obyek wisata Curug Landung, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Senin (16/5/2022).
 
“Peningkatkan tersebut belum signifikan jika dibandingkan dengan jumlah kendaraan atau pemudik yang pulang ke kampung halaman,” kata Abidin.
  
Hal itu disebabkan dua faktor. Pertama, para pemudik lebih mengutamakan berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga.
 
“Karena Idul Fitri 2020 dan 2021 pemerintah memberlakukan PPKM dan PSBB yang sangat ketat sehingga para perantau tidak bisa pulang ke kampung halamannya dan baru tahun ini diberikan kelonggaran,” katanya.  
 
Faktor kedua, lanjut Abidin, kemungkinan belum pulihnya pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mereka memprioritaskan pemenuhan kebutuhan hari raya Idul Fitri.
 
Ia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar pertumbuhan ekonomi masyarakat kembali normal, termasuk di sektor pariwisata.
 
Ditanya berapa persentase penurunan jumlah pengunjung pada saat PPKM dan PSBB, ia belum bisa memberikan penjelasan karena informasi itu harus mengacu kepada data riil apalagi informasi itu untuk konsumsi  publik.
 
“Tapi dibandingkan dengan libur Tahun Baru 2020, sangat jauh berbeda hampir 100 persen. Perbandingan ini bukan dengan libur Idul Fitri 2019 ya tetapi libur Tahun Baru 2020,” katanya.
 
Menyikapi akses jalan menuju ke obyek wisata banyak yang rusak, ia berharap Pemda Kuningan segera memperbaikinya karena dapat berpengaruh kepada minat calon pengunjung jika jalan tersebut dirasakan tidak nyaman.
 
Pada kesempatan itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk berkunjung ke obyek wisata Curug Landung dengan luas area 7000 meter persegi yang mulai dibangun 2015 dan dibuka sejak 2017.
 
“Ketinggian obyek wisata Curug Landung 1200 mdpl di atas laut sehingga sangat cocok untuk tempat rekreasi akhir pekan bersama keluarga dan wahana yang disediakan di sini aman,” katanya.
 
Pewarta : deha  

Diberdayakan oleh Blogger.