Rumah Sandi Indonesia Siap Kolaborasi Pengembangan Pariwisata di Kuningan


KUNINGAN (KN),-  Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Rumah Sandi Uno Indonesia (DPN RSI), Sanny A. Irsan didampingi Ketua RSI Wilayah Jawa Barat, Feby Imam Permana, mengatakan siap berkolaborasi meningkatkan pariwisata di Kabupaten Kuningan.
 
Menurutnya, saat ini pengelolaan pariwisata di Kabupaten Kuningan masih belum maksimal, sehingga Rumah Sandi Uno Indonesia siap berkolaborasi dan bekerja sama.  
 
“Kami siap berkolaborasi dengan stekholder pariwisata, ekonomi kreatif dan kepala daerah bersama-sama memajukan pariwisata di Kabupaten Kuningan,” katanya kepada sejumlah awak media di Hotel Grand Cordella, Kabupaten Kuningan, Minggu (15/5/2022) malam.  
 
Antusias masyarakat dari sekitar Kabupaten Kuningan, seperti Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon, Ciamis dan Kota Banjar untuk mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Kuningan cukup tinggi.
 
“Itu sangat bagus dan merupakan prospek yang harus terus diangkat, oleh karenanya kami dari Rumah Sandi Indonesia siap berkolaborasi dengan semua pihak memajukan pariwisata di Kabupaten Kuningan,” katanya.
 
Ia sudah membicarakan hal itu dengan Ketua RSI Kabupaten Kuningan agar mengemas acara-acara pariwisata, termasuk fasilitas dan pendampingan pelatihan kepada warga yang berada di sekitar obyek wisata.
 
“Agar pariwisata di Kabupaten Kuningan untuk tahun berikutnya bisa meningkat lagi,” harapnya.
 
Ditanya lambannya pengembangan pariwisata di Kabupaten Kuningan karena tidak terintegrasi, misalnya promosi mulai dari bandara, kerja sama dengan biro perjalanan hingga hotel (satu paket), ia mengatakan, ada benarnya.
 
“Memang ada benarnya juga ya tapi kalau tidak dimulai mau kapan dan tidak hanya di Kuningan saja tetapi di tempat lain pun ada,” ujarnya.
 
Sebelum ke Kuningan, ia bertemu dengan Ketua DPRD Indramayu, mendapat informasi mengenai kendala yang dihadapi Pemda Indramayu terhadap pengembangan pariwisata.
 
“Termasuk yang terjadi di Kabupaten dan Kota Cirebon, hampir sama,” katanya.
 
Ia mengajak kepada para kepala daerah agar bisa mencontoh Banyuwangi karena kepala daerahnya punya niat yang kuat memajukan pariwisata sampai di tingkat kelurahan sangat ramai dikunjungi.
 
“Perputaran uang di sana sangat cepat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.
 
Oleh karenanya, RSI mengajak para kepala daerah, termasuk Kabupaten Kuningan untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.