Kebun Raya Kuningan Raih Rekor MURI Penanaman Spesies Tanaman Terbanyak Secara Serentak


KUNINGAN (KN),- Memperingati hari jadi ke-205 Kebun Raya Bogor, melakukan penanaman serempak spesies tanaman terbanyak bersama kebun raya daerah di seluruh Indonesia, Rabu (18/5/2022).
 
Penanaman tersebut terdiri dari 5 spesies tanaman langka yaitu, Elaeocarpus Grandiflorus, Dipterocarpus Retusus, Eusideroxyron Zwageri, Phyllanthus Emblica, Stelechocarpus Burahol.
 
Kebun Raya Bogor yang didirikan Gubernur Jenderal G.A.G.P. Baron van der Capellen pada 15 April 1817, pada awal pendiriannya sebagai  tempat riset dalam bidang ilmu tumbuh-tumbuhan terutama difokuskan pada tanaman yang berpotensi dijadikan obat.
 
Hingga saat ini Kebun Raya Bogor mengembangkan 5 pilarnya yaitu, konservasi, penelitian, edukasi, wisata alam dan jasa lingkungan.
 
Dalam perjalanan panjang menjalankan tugas pelestarian keragaman tumbuhan selama dua abad lebih, Kebun Raya Bogor terus berbenah dengan memperkuat riset dan konservasi keanekaragaman tumbuhan Indonesia.
 
Terutama tumbuhan yang memiliki keunggulan dalam hal keanekaragaman hayati atau biodiversity. Kebun Raya Bogor sebagai kebun raya tertua urutan 13 di dunia mempercantik wajahnya melalui wahana wisata dan jasa lingkungan yang memuat ilmu pengetahuan terutama keragaman flora nusantara.
 
Pilar penelitian Kebun Raya Bogor dibawah koordinasi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) harus bersinergi juga dalam kualitas dan mutu penelitiannya.
 
Terutama pada bidang digital serta green and blue economy yang berbasis sumber daya dan keanekaragaman lokal, termasuk biodiversitas, seni dan budaya.
 
Hari jadi Kebun Raya Bogor 2022 mengusung tema “Melestarikan Keragaman, Menginspirasi Kehidupan” diikuti serentak  oleh 23 kebun raya daerah maupun kebun raya yang berada di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).



Salah satunya Kebun Raya Kuningan ikut berpartisipasi dalam mencetak rekor MURI penanaman spesies tanaman terbanyak.
 
"Kebun Raya Bogor sebagai mercusuar kebun raya daerah diharapkan menjadi motivator kemajuan kebun raya daerah dalam  konservasi tumbuhan," kata 
Kepala Kebun Raya Kuningan, Dedi Kurniawan.
 
Ia berharap, Kebun Raya Bogor terus bertumbuh lagi dan tetap sebagai pekerti dalam penanaman karakter atas pentingnya menjaga pelestarian lingkungan di Kabupaten Kuningan.
 
“Dengan adanya pemecahan rekor MURI sebagai penanaman spesies tanaman terbanyak secara serentak diharapkan menjadi spirit baru bagi kemajuan kebun raya daerah khususnya Kebun Raya Kuningan,” katanya.
 
Hal itu, lanjut Dedi, dalam upaya membangun eksistensinya sebagai pusat konservasi bagi pemerintah maupun menjadi sarana edukasi dan rekreasi masyarakat. (*)
 
Sumber : Kebun Raya Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.