Lulusan SMK Karnas Bisa Kuliah Gratis di STIEPARI Semarang Sambil Bekerja


KUNINGAN (KN),- Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Karya Nasional (SMK Karnas) Yefri Esa Trijaka, menyambut baik kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Pariwisata (STIEPARI) Semarang yaitu siswa siswi lulusan sekolahnya bisa kuliah gratis sambil bekerja.
 
“Ini program sangat bagus karena beberapa kondisi ekonomi orang tua siswa terkendala biaya untuk melanjutkan putra putrinya kuliah dan ini merupakan sebuah solusi yang ingin kuliah sambil bekerja,” kata Yefri di aula setempat, Selasa (8/3/2022).
 
Menurutnya, siswa dan siswi SMK Karnas sangat antusias dan untuk lulusan tahun sekarang program ini akan disosialisasikan kepada yang ingin bekerja sambil kuliah.
 
“Atau kuliah sambil bekerja, kan sama saja karena nantinya mahasiswa tersebut akan ditempatkan bekerja di perusahaan,“ katanya.    
 
Kerja sama ini merupakan tahun kedua tapi tahun kemarin karena kondisi pandemi maka kurang bisa terlaksana dengan baik.
 
“Mudah-mudahan sekarang pandemi sudah berakhir, yang mau melanjutkan kuliah sambil bekerja ke Semarang bisa lebih baik lagi,” katanya.
 
Sebelumnya, SMK Karnas sudah launching kerja sama dengan Daihatsu dan ada juga kelas-kelas industri terdapat standarisasi dari salah satu perusahaan sudah dilakukan dengan Daihatsu Motor.
 
“Sedangkan untuk jurusan-jurusan yang lain kita juga kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya,” kata Yefri.
 
Untuk inovasi sudah dilakukan salah satunya di jurusan pengelasan, kalau otomotif sudah on proses, sedangkan di pengelasan para siswa sudah bisa mengembangkan atau membuat mesin pembakar sampah.

“Ini bisa membantu pemerintah daerah khususnya Kuningan yang merupakan kabupaten pariwisata bagaimana solusi penanganan sampah mengurangi pencemaran lingkungan, kita sudah bisa membuat mesin itu,” katanya.
 
Dijelaskan, bilamana di kecamatan ada pembakar sampah, di Kabupaten Kuningan tidak perlu ada Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).
 
Pantauan kamangkaranews.com, sosialisasi oleh manajemen STIEPARI Semarang tersebut dihadiri anggota Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat, Tina Wiryawati dan anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kuningan, Sri Laelasari.  
 
Pewarta : deha 
Diberdayakan oleh Blogger.