Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Kali Bancong


BEKASI (KN),- Dandim 0509 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Letkol Inf Muhamad Horison Ramadhan, mengatakan, TNI peduli kebersihan lingkungan, seperti kegiatan membersihkan Kali Bancong, Kecamatan Sukatani, Jumat (18/3/2022).
 
“Puluhan TNI dari Kodim 0509 dibantu petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan pegiat lingkungan serta masyarakat totalnya ada 56 orang, gotong royong membersihkan sampah di pintu air Kali Bancong,” katanya kepada sejumlah jurnalis, di Bekasi.
 
Dikatakan, banyak sampah tersangkut dan menumpuk di pintu air, sehingga menghambat aliran air dan harus segera diangkat karena menjadi penyebab banjir.

"Kerja bakti ini merupakan salah satu kegiatan rutin kami dibantu sejumlah elemen terkait. Kami berkomitmen mewujudkan sungai yang bersih dan bebas dari sampah," katanya.

Kegiatan ini, imbuhnya, dapat berjalan dengan lancar meski dilakukan secara manual terlebih antusiasme masyarakat sekitar juga cukup tinggi membantu membersihkan sampah tersebut.
 
"Mereka sadar bahwa ini memang perlu dilakukan agar laju aliran air kali (sungai) kembali lancar. Dengan begitu kali juga terlihat bersih sekaligus sebagai antisipasi bencana banjir akibat aliran air yang tidak lancar," katanya.

Dari kegiatan ini sedikitnya puluhan kantong sampah berukuran besar berisi sampah rumah tangga dari kali tersebut berhasil diangkat sehingga kali terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terlebih di beberapa wilayah tertentu, ancaman banjir masih kerap menghantui warga.

Selain itu pula, mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan tindakan membuang sampah secara sembarang termasuk ke aliran sungai.

"Sudah saatnya masyarakat ikut mengambil andil dalam mengatasi bencana banjir dengan melakukan pengendalian terhadap sampah yang menumpuk dan akhirnya menyumbat aliran air seperti di Kali Bancong ini," pungkasnya.
 
Kontributor Jakarta : Andika Herdiyana


Diberdayakan oleh Blogger.