Media Trip BTNGC Ajak Wartawan Melihat Kondisi Rasi Macan Tutul Betina



KUNINGAN (KN),- Media Trip Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) mengajak sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan media online, melihat kondisi macan tutul (panthera pardus) bernama rasi usia 2,5 tahun ke kandangnya di Blok Bintangot, Kamis (24/2/2022).  
 
Kepala Balai TNGC, Teguh Setiawan, menjelaskan, dekat kandang habituasi rasi dipasang camera trap untuk melihat kedatangan macan tutul jantan slamet ramadan.

 
Macan tutul jantan tersebut saat ini berada di kawasan Gunung Ciremai tapi posisi tepatnya belum diketahui karena GPS Collar yang dipasang di lehernya harus diperbaiki atau diganti.
 
“Namun hingga saat ini macan tutul jantan tersebut belum menghampiri rasi yang sudah berada dalam kandang habituasi sejak 31 Januari 2022 atau selama tiga minggu,” katanya.
  
Rencana pelepasliaran macan tutul betina (rasi) dijadikan umpan bagi macan tutul jantan diawali dengan sosialisasi kepada pihak terkait pada 7 Desember 2021.
 
Apabila hingga 5 Maret 2022 macan tutul slamet ramadan belum juga nampak, maka rasi akan dilepasliarkan.
 
“Kondisi rasi sehat dan kami monitoring 24 jam bergantian dengan petugas dari Cikananga, Kebun Binatang Gembiraloka dan Sintas. Kita beri makanan berupa hewan hidup untuk melatih dia berburu di alam,” katanya.
 
Daya jelajah satu ekor macan tutul antara 2000-3000 hektare, kawasan total Gunung Ciremai ± 14.841,3 hektare tapi ada yang sudah terbuka dijadikan tempat wisata, maka jumlah macan tutul di Gunung Ciremai hanya 4-5 ekor.

 
Terkait Media Trip, ia mengatakan, kendati Balai TNGC selalu update kegiatan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Tiktok, namun hal itu belum lengkap jika tidak didukung adanya transformasi informasi oleh media massa.
 
“Kemajuan digital memang perlu disesuaikan namun jangan lupa bahwa tidak semua masyarakat familiar dengan media sosial, tetap harus kita sampaikan kepada wartawan media cetak, elektronik dan media online,” katanya.
 
Di tempat yang sama, Koordinator Urusan Promosi, Pemasaran dan Kehumasan, Ady Sularso, mengatakan, apa yang dilakukan Kepala Balai TNGC merupakan terobosan baru pada 2022.
 
Dalam Media Trip ini, Balai TNGC mengundang Biro Humas Kementerian LHK, Direktur KKHSG Kementerian LHK dan 11 wartawan liputan Cirebon, Majalengka dan Kuningan. Selain itu pula, 40 orang staf Balai TNGC dan mitra masyarakat.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.