Awal 2022 Koperasi Pemasaran Mitra Andalan Indonesia diresmikan di Subang Berskala Nasional

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, didampingi Sekretaris Koperasi dan Pengawas Koperasi Pemasaran MAI, Ayuningtyas Widari Ramdhaniar (paling kanan) melihat stand UMKM Kabupaten Kuningan, usai meresmikan soft launching MAI.



SUBANG (KN),– Koperasi Pemasaran Mitra Andalan Indonesia (MAI) resmi membuka kantor pusat di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, setelah melakukan soft launching, beralamat di Jalan MT. Haryono, Cigadung, Subang, Senin (17/1/2022).
 
Diresmikan langsung Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, disaksikan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Subang, Yayat Sudrajat, mewakili Asdep Pengembangan dan Pembaruan Perkoperasian Kementerian Koperasi Indonesia, Bagus Rachman.
 
Acara itu dihadiri Ketua Dekopinda Subang, Daeng M Thahir,  muspika dan tamu undangan lainnya.
 
Sekretaris Koperasi dan Pengawas Koperasi Pemasaran MAI, Ayuningtyas Widari Ramdhaniar, menjelaskan, diresmikannya Koperasi Pemasaran Mitra Andalan Indonesia (MAI) pada awal 2022 agar sejalan dengan kegiatan besar yaitu penyelenggaraan G20 di Indonesia.  
 
Menurut perempuan asal Kabupaten Kuningan ini, G20 mengusung sejumlah agenda, terutama untuk mendukung upaya-upaya pemulihan dan penguatan bersama (recover together, recover stronger).
 
Isu lintas sektoral yang ingin dicapai adalah digitalisasi ekonomi, penguatan UMKM, pemberdayaan perempuan, remaja dan difabel, ekonomi kreatif, pengembangan SDM, pemulihan ekonomi, transisi terukur (akses terhadap teknologi dan keuangan).
 
“Kami berharap bahwa MAI hadir sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk penguatan UMKM dan pemulihan ekonomi,” kata perempuan berparas cantik yang akrab dipanggil teh Tyas.

Masih di tempat yang sama, Dewan Pengawas Koperasi Pemasaran MAI, Ryan Pribadi, berharap, kehadiran MAI harus membantu para pelaku UMKM untuk produknya bisa go internasional.
 
Sementara itu, Kadis KUPP Subang, Yayat Sudrajat, menyebutkan, kehadiran MAI di Subang menjadi angin segar bagi para pelaku UMKM yang jumlahnya kini lebih dari 30 ribu.
 
“Ada sebanyak 30 ribu UMKM Subang. Hadirnya MAI dapat mengakomodir mereka (UMKM) baik dari sisi produksi, pemasaran hingga permodalan,” sebutnya.
 
Sedangkan Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, mengatakan, koperasi selama ini merupakan salah satu badan usaha penopang ekonomi rakyat Indonesia.
 
“Dengan jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong, pengelolaan koperasi harus mengarah pada kegiatan tolong-menolong untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi, baik itu untuk anggotanya, pelaku usaha maupun masyarakat luas,” katanya.

Pada kesempatan itu, MAI memberikan bantuan modal pengembangan usaha kepada 8 pelaku UMKM dari tiga daerah yaitu Subang, Kuningan dan Bandung, masing-masing Rp2,5 juta per UMKM. 

Pewarta : deha

 

Diberdayakan oleh Blogger.