PKKM Kemendikbud RI, FKOM Uniku Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Pemberdayaan Masyarakat


KUNINGAN (KN),- Universitas Kuningan (Uniku) kembali menyelenggarakan workshop Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).
 
Workshop PKKM Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) dengan tagline Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Pemberdayaan Masyarakat, di Aula FKOM Kampus II Uniku, Jumat 24/12/2021).
 
Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, didampingi Wakil Rektor I, Anna Fitri Hindriana dan Dekan FKOM, Tito Sugiharto.
 
“Workshop menghadirkan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Toto Supartono dan Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (KP2K) Agus Prianto,” kata sumber Humas Uniku kepada kamangkaranews.com.
 
Dekan FKOM Tito Sugiharto, masih kata sumber tadi, mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir mengikuti kegiatan workshop yang dilaksanakan pada hari ini.
 
“Terimakasih saya sampaikan untuk Bapak Ibu dosen semua. Tak lupa saya juga sampaikan terima kasih atas kehadiran Pak Rektor bersama Ibu Warek I yang sudah memenuhi undangan kami,” ucap Tito.
 
Menurutnya, kegiatan ini merupakan implementasi dari hibah program kompetensi kampus merdeka yang didapat oleh Prodi TI FKOM dari Kemendikbud RI tahun 2021.
 
“Workshop hari ini masih implementasi dari PKKM Kemendikbud RI tahun 2021 terkait peningkatan kemampuan dosen dalam pemberdayaan masyarakat,” katanya.
 
Siang harinya, masih kata Tito, akan dilaksanakan kembali kegiatan pelatihan terkait RPS dan bahan ajar. Itu juga sama masih dalam rangkaian implementasi PKKM Kemendikbud RI tahun 2021.
 
Tito yang mantan Ketua Prodi TI dua periode itu berharap, semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, dapat meningkatkan wawasan dosen mengenai pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat.
 
“Semoga, dapat bermanfaat bagi Bapak Ibu dosen FKOM agar meningkatkan kemampuannya mengenai pemberdayaan kepada masyarakat,” harapnya.
 
Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Dekan FKOM, Wakil Rektor I,  Anna Fitri Hindriana juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada peserta kegiatan PKKM Prodi TI FKOM Uniku.
 
“FKOM mungkin salah satu Fakultas yang paling sibuk dari bulan Juni sampai dengan akhir Desember 2021 dikarenakan berbagai program,” katanya.
 
Ia berpesan, semua dosen agar memanfaatkan kegiatan ini dan mendukung program yang diprakarsai Prodi FKOM karena programnya sudah sangat jelas, positif dan bermanfaat.
 
Menurutnya, keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama, harus didukung dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.
 
“Ingat, pelaporannya harus dengan sebaik mungkin, pajak dan surat tugas jangan lupa agar disertakan pula. Semua program harus ada bentuk fisiknya, bukan hanya pertemuan-pertemuannya saja,” pesan Anna dengan tegas.
 
Sementara itu, Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, mengatakan, kegiatan hari ini masih dalam satu rangkaian dari implementasi PKKM yang didapat Prodi TI FKOM dari Kemendikbud RI tahun 2021 yang merupakan program kompetisi.
 
“Ada 142 perguruan tinggi yang mengikuti dan mendapatkan program PKKM, termasuk di dalamnya salah satu kampus kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan Uniku,” tuturnya.
 
Ia mengungkapkan, keberhasilan dengan diraihnya program PKKM oleh Prodi TI FKOM harus disyukuri bersama.
 
“Pak Dekan bersama tim, sudah menyusun berbagai kegiatan sebagai upaya untuk meningkatkan indikator kinerja perguruan tinggi. Peningkatan lulusan, dosen bukan hanya mengajar melainkan penelitian dan pengabdiannya juga harus dilaksanakan,” ungkapnya.
 
Lebih jauh, Dikdik menambahkan, dampaknya semua dosen di FKOM pada akhirnya akan meningkatkan indikator utama kinerja perguruan tinggi. Dosen semakin meningkat kemampuan dan kualitasnya serta lulusannya juga akan terserap di lapangan kerja.
 
“Dari kegiatan ini dampaknya akan terlihat, apakah akan meningkat setelah kegiatan ini terlaksana, apakah sebaliknya. Saya berharap dosen di FKOM semuanya meningkat,” pungkasnya penuh harap.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.