Mang Jaya dan Ika Siti Rahmatika Terima Penganugerahan Pegiat Literasi 2021

Mang Jaya nama lengkapnya H. Kuswadijaya (kiri) ketika menerima Penganugerahan Pegiat Literasi 2021 dari Bupati Kuningan di Pendopo (17/12/2021)


KUNINGAN (KN),- Mang Jaya, nama lengkapnya H. Kuswadijaya, pendongeng sunda di radio dan Hj. Ika Siti Rahmatika, Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan mendapat Penganugerahan Pegiat Literasi 2021, diselenggarakan Dinas Kearsipan Perpustakaan Kabupaten Kuningan.
 
Selain Mang Jaya dan Hj. Ika Siti Rahmatika, Penganugerahan Pegiat Literasi 2021 yang diserahkan Bupati Kuningan di Pendopo, Jumat (17/12/2021) juga diberikan kepada 8 orang lainnya. 
 
"Mang Jaya dinilai sebagai tokoh legendaris atau sosok pelestari kearifan lokal yang menyampaikan pesan hiburan berupa dongeng sunda tahun 80an dan menjadi kenangan hingga saat ini," kata Kadis 
Kearsipan Perpustakaan, Dudy Budiana, kepada kamangkaranews.com.
 
Sedangkan Ika Siti Rahmatika, masih kata Dudy, adalah sosok wanita yang menggelorakan literasi secara masif dan terstruktur baik formal maupun non formal dan tidak mengenal lelah dalam kampanye literasi.
 
Disebutkan penerima Penganugerahan Pegiat Literasi 2021 selengkapnya yaitu Almarhum Edi. S. Eka Djati. 

"Ia merupakan professor yang berasal dari Kuningan berkiprah di bidang pendidikan dan muwakif koleksi/buku-buku baik hasil karya atau referensi pribadinya yang diberikan kepada Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kuningan," katanya.
 
Kemudian, Topic of First Son, pegiat literasi dalam lingkup PGM ( Persatuan Guru Madrasah ) dalam menyatukan dan meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru madrasah.
 
Nana Juandana, Kades Pasayangan Kecamatan, Lebakwangi, yang mendukung  penuh terhadap Perpustakaan Desa ”Jendela Dunia” mewakili Provinsi Jawa Barat mendapatkan Juara Harapan III Nasional tahun 2020.

Nur Nadila, relawan pegiat dongeng di Kuningan yang selalu memberikan permainan edukasi dan roll model pengembangan literasi khususnya kepada anak-anak dan pelajar warga masyarakat Kuningan.
 
Saeful Amri,  penggagas wadah konumitas penulis dari kalangan pengajar di Kabupaten Kuningan yang banyak memberikan hibah buku-buku hasil karya menjadi koleksi khusus penulis Kuningan.
 
Aik Iksan Anshori, peneliti serta penggagas penyimpan/pelestari manuskrip naskah kuno  yang  ada di Kabupaten Kuningan dan dialihkanmediakan secara digital.
 
Dina Alfitri, penggagas perhimpunan anak-anak muda yang memiliki kesamaan visi misi yang menggelorakan atau mengkampanyekan budaya baca kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat di KabupatenKuningan.
 
Nur Alamsyah Paiudung, pemustaka  yang  paling sering mengunjungi perpustakaan dalam rangka pemanfaatan sarana koleksi perpustakaan. 

"Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan pada tahun ini menerima Sertifikat Akreditasi B Perpustakaan Daerah dari Perpusnas RI," pungkasnya.
  
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.