Bupati Acep : Perpustakaan Sarana Belajar Menyenangkan

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dudy Budiana, menerima Sertifikat Akreditasi B Perpustakaan Daerah Kabupaten Kuningan dari Perpusnas disampaikan oleh Bupati Kuningan.

KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan, perpustakaan mempunyai peran penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan.
 
Hal itu dikatakan pada saat prosesi Penganugerahan Pegiat Literasi 2021 pada Launching Perpustakaan Digital “E-Pusdaku” Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kuningan dan Layanan Pocadi (Pojok Baca Digital) Area Taman Kota dan penyerahan Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca 2021 di Pendopo, Jumat (17/12/2021).
 
“Perpustakaan merupakan sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa dan tempat rekreasi menyenangkan serta menyegarkan bagi para pemustaka,” katanya.
 
Disebutkan, salah satu inovasi yang telah dibuat Perpustakaan Umum Daerah yaitu mewujudkan perpustakaan digital  berbasis android (e-library dengan nama domain epusdaku.com) yang terhubung dengan jaringan internet di 376  desa kelurahan.
 
“Semoga inovasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Kuningan,” katanya.
 
Penghargaan dan penganugerahan sebuah prestasi kolaborasi literasi kepada pegiat literasi atau masyarakat yang memiliki kemampuan mengembangkan dalam berbagai bidang literasi di Kuningan.
 
Ia menyampaikan selamat atas prestasi literasi masyarakat berupa pemberian penghargaan budaya gemar membaca yaitu Anugerah Parasamya Pustakaloka dan Pustaka Kerta, Juara Keluarga Literasi, Juara Perpusdes Tingkat Nasional, Juara Duta Baca Anak, Duta Pelajar dan Duta Dewasa.
 
“Semoga prestasi-prestasi bidang perpustakaan tersebut bisa menjadi motivasi bagi pribadinya maupun masyarakat Kuningan umumnya,” katanya. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dudy Budiana, menyebutkan, penganugerahan ini diberikan kepada 6 orang Anugerah Parasamya Pustaka Kerta dan  4 orang Parasamya Pustaka Loka dari 4 komunitas.
 
Selanjutnya, Juara Lomba Keluarga Literasi, Juara Lomba Duta Baca Anak tingkat Kabupaten Kuningan, Juara Lomba Duta Baca Pelajar  SLTP dan SLTA tingkat Kabupaten Kuningan.
 
Selain itu pula ada Juara Lomba Duta Baca Dewasa tingkat Kabupaten Kuningan dan 32 orang Bunda Literasi Kecamatan.
 
Dikatakan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi/penghargaan kepada penggiat literasi/penulis yang telah menggelorakan semangat berliterasi kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Kuningan dan umumnya penggiat literasi di Indonesia.
 
“Semoga para pegiat literasi terus bersemangat untuk meningkatkan inovasi dan kolaborasi dalam kegiatan literasi kepada masyarakat secara masif dan secara struktural di Kabupaten Kuningan,” katanya.
 
Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca Tahun 2021, imbuhnya, bertema “Penganugerahan Pegiat Literasi Bagi Masyarakat Kabupaten Kuningan Menuju Kuningan MAJU (Ma’mur Agamis Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023”.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.