Milad ke-4 Kuningan Religi, Peran Media Sangat Penting



KUNINGAN,- Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, Anwar Nasihin, mengatakan, keberadaan media massa sangat membantu pemerintah mentransformasikan informasi kepada masyarakat.  


Hal itu disampaikan Anwar mewakili Kadis Kominfo dalam acara Milad ke-4 media online Kuningan Religi.com di Mountain Resto dan Caffee Kampung Gunung, Desa Gunung Keling, Kecamatan Cigugur, Jumat (12/2/2021).


“Mohon maaf pak Kadis Kominfo, Dr. Wahyu Hidayah, tidak bisa hadir karena ada agenda lain,” katanya


Lebih lanjut dikatakan, tahun 2020 banyak sekali informasi mengenai pandemi COVID-19 yang diekspose media massa, baik cetak, elektronik maupun media online termasuk Kuningan Religi.com.


“Keterbatasan pemerintah dalam menyebarluaskan informasi sangat terbantu oleh peranan Pers dan media massa,” katanya.


Tahun 2021 semakin banyak tantangan untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi masyarakat, supaya warga Kabupaten Kuningan menerima informasi yang sebenar-benarnya.


Dengan adanya teknologi informasi, misalnya sosial media, diharapkan masyarakat tidak menerima informasi yang tidak tepat tapi dengan hadirnya media massa dapat menyampaikan berita yang akurat, seimbang dan bisa dipertanggungjawabkan.


Dengan demikian, lanjut Anwar, sinergitas antara pemerintah dengan media massa yang sudah terjalin dengan baik perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan.


“Apalagi di sini hadir para anggota DPRD Kuningan, maka jalinan mitra kerja pemerintah, legislatif dan Pers semakin mendorong agar Kabupaten Kuningan lebih maju,” katanya.        


Pada kesempatan itu, ia mengucapkan selamat dan sukses untuk media online Kuningan Religi.com, di usianya yang ke-4 tahun semoga semakin eksis.


Sementara itu, anggota DPRD Kuningan, Rana Suparman, mengatakan, Pers sebagai pilar demokrasi keempat sangat diperlukan oleh pemerintah.


“Jika di suatu negara medianya mati maka tatanan nilai juga akan mati, seperti di Korea Utara,” katanya.


Ia merasa bangga terhadap media online Kuningan Religi yang mampu menyampaikan pesan-pesan keadaan dan juga pemahaman tentang makna dari pentingnya media.


Media penuh resiko karena menjadi kuli tinta itu tidak mudah, harus berseberangan dengan kekuasaan, menyampaikan apa adanya, harus bersinergi dan intim dengan kekuasaan untuk membangun obyektivitas.


“Ini sebuah proses pendewasaan mudah-mudahan dengan Hari Jadi yang ke-4 ini Kuningan Religi makin terbuka, obyektif dan beritanya semakin mengena, sehingga masyarakat tahu apa yang seharusnya dilakukan,” katanya.


Termasuk DPRD Kuningan juga akan tahu tentang apa yang menjadi tugas legislatif dengan berita-berita dari media massa.


“Jangan sampai ada masyarakat menangis karena kebijakan-kebijakan kita dan tak lupa saya ucapkan selamat dan sukses untuk Kuningan Religi,” katanya.


Pantauan kamangkaranews.com, prosesi milad ke-4 tersebut ditandai pemotongan tumpeng oleh Pemimpin Redaksi Kuningan Religi.com, Nanang Subarnas.


Kemudian, penyerahan santunan kepada 20 anak yatim piatu dari Himatul Ummah Binaan Karang Taruna Perisai Muda, Desa Susukan, Kecamatan Cipicung dan dalam acara itu anak-anak diberikan hiburan mendengarkan dongeng anak yang disampaikan Nok Encum.


Selain Kabid IKP, nampak hadir Ketua Bawaslu Ondin Sutarman, anggota DPRD Kuningan, F-PDIP Rana Suparman, F-Gerindra Bintang, Sri Laelasari,  F-PPP Iip Syarip Hidayat dan F-PKB Mochammad Apip Firmansyah serta beberapa wartawan.

 

deha 

Diberdayakan oleh Blogger.