Kapolres Masih Selidiki Kebakaran 14,89 Ha Desa Padabeunghar




KUNINGAN (KN) Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kebakaran lahan di kawasan TNGC Blok Cirendang, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan yang diketahui terlihat sekitar pukul 12.00 Wib, Senin (17/8/2020).

“Penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui dan masih diselidiki,” kata Kapolres, Selasa (18/8/2020).

Meskipun luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 14.89 hektar dan tidak produktif karena hanya berisi semak belukar, TNI Polri pun turut membantu memadamkan kebakaran tersebut dengan mengerahkan sekitar 50 anggota Polres Kuningan untuk membantu kebakaran hutan.

“Setelah mendapat informasi adanya kebakaran maka pihak kepolisian langsung turut membantu memadamkan api,” kata Kapolres.     



Disebutkan, ada sekitar 50 personil Polres Kuningan ditambah 9 personil yang menggunakan motor penyemprot, mobil taktis berikut alat penyemprotnya dan alat pemukul api.

“Selain dari kami, dibantu juga oleh TNI, BPBD serta masyarakat dan relawan," ujar Kapolres yang turut membantu di lokasi kebakaran.

Dijelaskan, api dapat dipadamkan sekitar pukul 20.35 Wib.  Memang saat ini musim kemarau masih berlangsung dan sumber air umumnya mengering sehingga rawan terjadi kebakaran, apalagi lahan tersebut berisi semak belukar. 

Kapolres berharap warga selalu waspada. Pasalnya, musim kemarau yang masih terjadi saat ini dapat mengakibatkan tanaman mengering sehingga rawan terjadi kebakaran.

"Kami setiap saat sudah menghimbau warga agar waspada akan kebakaran dan tidak membakar sampah terutama pembakaran di lahan mengingat cuaca saat ini sangat panas,” ujar Kapolres.

deha

Diberdayakan oleh Blogger.