Dinsos Kuningan Monitoring Penyaluran Sembako Tahap II di Desa Jabranti




KUNINGAN (KN) Dinas Sosial Kabupaten Kuningan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) penyaluran bantuan sosial berupa sembako tahap II dari Pemkab Kuningan kepada warga Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana di balai desa setempat, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga : http://www.kamangkaranews.com/2020/06/ny-sarki-alhamdulillah-hatur-nuhun-pa.html

Monitoring dipimpin Kepala Dinas Sosial, Dudy Budiana, didampingi Sekretaris Dinas, Yosep Yanuar, Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin, Didi Ahyana dan Ketua Tagana Kabupaten Kuningan, Nono Suhartono.

“Monev ini bertujuan untuk mengetahui langsung penyaluran sembako dari Pemkab Kuningan kepada warga Desa Jabranti yang terdampak Covid-19 khususnya yang belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah,” kata Dudy di sela-sela monev.

Menurutnya, sembako dari anggaran Pemkab Kuningan diberikan kepada warga yang tidak memperoleh bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Sembako dari Provinsi Jabar, BLT DD dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial.



Sementara itu, Kepala Desa Jabranti, Taska, mengatakan, isi barang dalam paket sembako terdiri dari beras dan lainnya kualitasnya bagus.

Disebutkan, di Desa Jabranti terdapat 901 Kepala Keluarga (KK), sedangkan yang mendapat bantuan sosial dari pemerintah ada 515 KK, terdiri dari BLT DD 122 KK karena anggaran Dana Desa sekitar 800 juta (25%), sembako Pemkab Kuningan berjumlah 67 KK, Sembako Provinsi Jabar 31, kemudian PKH dan BPNT 295 KK.  

“Maka yang belum mendapatkan bantuan sosial adalah 314 KK,” sebutnya.

Ditanya bukankah 901 dikurangi 515 jumlahnya 368 ?, ia menjelaskan, 72 KK (20%) tidak mendapatkan bantuan karena dianggap sudah mampu, termasuk 24 orang statusnya sebagai PNS 5 orang, perangkat desa 12 dan BPD 7.

Ia berharap, bantuan sosial dari pemerintah kepada warga Desa Jabranti yang sebagaian besar mata pencahariannya adalah petani, agar terus ditambah sehingga warga masyarakat yang selama ini belum menerima bantuan bisa mendapatkannya.

Pantauan kamangkaranews.com, pembagian sembako dari Pemkab Kuningan di Balai Desa Jabranti prosesnya lancar sesuai data yang tercantum dalam DTKS dan warga penerima menyerahkan foto copy KTP serta foto copy Kartu Keluarga.

deha

Diberdayakan oleh Blogger.