3H Kefir Probiotic Milk, Mencegah dan Mengobati Berbagai Penyakit




KUNINGAN (KN).- Mungkin anda pernah mendengar nama Kefir ?. Untuk lebih jelasnya, media ini melakukan wawancara khusus dengan pebisnis Kefir di Kabupaten Kuningan, Muhammad Helmi, Minggu (20/10/2019).

Kefir telah dikenal dan dikonsumsi masyarakat pegunungan Kaukasus Utara, Rusia selama lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Biji kefir diberikan oleh Nabi Muhammad kepada rakyat Kaukasus dan menjadi semacam “pusaka” yang diwariskan secara turun temurun

Istilah kefir berasal dari bahasa Turki, ke’if, yang artinya enak, keadaan (kondisi) yang baik. Dari wujudnya, kefir berbeda dari yoghurt yang juga merupakan hasil fermentasi susu. Kefir berwujud cair, sedang yoghurt berwujud kental.

Dugaan yang lebih memiliki landasan, nama Kefir berasal dari "kaafuura", yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya dan lezat rasanya. Kata ini tercantum dalam Al-Qur’an, yaitu pada Surat Al Insaan, ayat 5. 

Kefir merupakan salah satu jenis susu fermentasi dengan menggunakan kultur starter berupa biji kefir, namun dapat juga menggunakan starter cair kefir. Selain dibuat dari susu sapi, kefir juga dapat dibuat dengan menggunakan susu kambing atau domba.

Dikatakan, kefir dibuat dengan cara fermentasi susu dengan simbiosa bakteri dan ragi berbentuk butiran gumpalan kefir 'grains'. Kefir termasuk minuman probiotik karena mengandung mikroorganisme yang berinteraksi secara biologis melalui metabolisme mikroba. 

Karena menyehatkan dan rasanya unik, kefir menjadi minuman moderen abad 21 dan sudah banyak dikonsumsi di berbagai negara semakin lama semakin meningkat, termasuk di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kuningan,” katanya.

Dijelaskan, kefir adalah minuman probiotik dari susu yang luar biasa karena mengandung lebih dari 60 jenis mikroflora yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, efektif mencegah penyakit dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Disebutkan, mengkonsumsi kefir probiotic milk dapat mencegah dan mengobati maag kronis, mengendalikan berat badan, baik bagi kesehatan jantung, menjaga kesehatan paru-paru, mencegah dan mengobati kepala dan menurunkan kadar gula darah.

Kemudian, menurunkan kolesterol, mencegah tumbuhnya sel kanker, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, membantu meredakan rasa sakit saat mentruasi, mencegah dan mengobati mual, mencegah dan mengobati asam dan lainnya.    

“Bahkan banyak orang yang semula mengkonsumsi obat-obatan kimia, kini beralih ke kefir karena minuman herbal tanpa efek samping,” kata pria yang sudah memproduksi kefir di Kabupaten Kuningan sejak tahun 2016.   

“Kefir bukan hanya dalam bentuk minuman tapi dapat diolah menjadi produk lain untuk kecantikan wanita seperti masker, krim, toner dan sabun,” katanya.

Ditanya harga produk tersebut, ia menyebutkan, harga masker Rp90.000, krim Rp85.000, sabun Rp35.000, toner Rp25.000, minuman kefir rasa original Rp20.000 sedangkan rasa lainnya Rp15.000.

Mengenai cara mendapatkan produk kefir di Kabupaten Kuningan dapat menghubungi telpon (0232) 8900746 atau 08112441703 maupun bisa langsung ke tempat produksi di Jalan Pramuka Gang Tunas II No. 265 Kuningan, belakang kampus UNIKU.

“Untuk pembelian di wilayah Kabupaten Kuningan pesanan siap kami antar,” pungkasnya.

deha

Diberdayakan oleh Blogger.