Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan Rabu Besok ?





KUNINGAN (KN),- Pemilu 2019, Pilpres dan Pileg, sudah menjadi agenda nasional dilaksanakan 17 April 2019, namun di Kabupaten Kuningan, khususnya Desa Garawangi, Kecamatan Garawangi, akan digelar Rabu 3 April 2019.

“Kami akan melakukan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S) di Desa Garawangi, Kecamatan Garawangi,” kata Komisioner KPU Kabupaten Kuningan, Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman, Senin (1/4/2019).

Kegiatan itu sample hari H pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 untuk sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pemilu 2019.

“Termasuk penyelenggara di setiap tingkatan dari mulai KPU Kabupaten, PPK, PPS dan KPPS akan mendapatkan gambaran pelaksanaan P2S pada hari H,” katanya.

Menurutnya, dalam PKPU No 10 Tahun 2018 Pasal 7 huruf a poin 8 bahwa materi sosialisasi pemilu mencakup pemungutan dan penghitungan suara.

Sebelum hari H terlebih dahulu harus mengetahui situasi di TPS dan proses pemungutan suara maupun rekapitulasi penghitungan suara. Dengan harapan masyarakat di Kabupaten Kuningan dapat turut serta memperoleh pengetahuan pasca simulasi.

“Sehingga dengan pengetahuan tersebut akan meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kuantitas maupun kualitas Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan,” katanya.

Untuk kegiatan simulasi akan menggunakan surat suara specimen (contoh) dan nama partai dari buah-buahan. Begitu pula nama calon peserta pemilu dikosongkan.

Dengan adanya simulasi diharapkan semua elemen dapat memperoleh pelajaran dan gambaran yang matang tentang seluruh mekanisme dan aturan teknis saat pelaksanaan Pemilu 2019.

Usai simulasi, berbagai pihak dapat memberikan saran yang membangun bagi penyelenggara khususnya yang berkaitan dengan P2S.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.