KPU Kuningan Akui Ribuan Surat Suara Rusak

KUNINGAN (KN),- KPU Kabupaten Kuningan mengakui surat suara Pemilu 2019 yang telah disortir sebelumnya di GOR Ewangga yaitu surat ...





KUNINGAN (KN),- KPU Kabupaten Kuningan mengakui surat suara Pemilu 2019 yang telah disortir sebelumnya di GOR Ewangga yaitu surat suara Pilpres, Pileg DPR RI, DPD RI dan DPRD provinsi, ternyata yang rusak atau cacat diperkirakan mencapai ribuan.

“Ada banyak yang kita temukan tapi jumlahnya tidak diklaim sebagai jumlah pasti. Oleh karena itu untuk kehati-hatian surat suara yang telah tersortir oleh masyarakat umum yang kemarin bertugas, kita lakukan penelitian ulang oleh KPU bersama Bawaslu,” kata Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Asep. Z. Fauzi di GOR Ewangga, Senin (18/3/2019).

Menurutnya, penelitian ulang tersebut dalam upaya memastikan surat suara itu betul-betul rusak atau cacat. Tidak boleh menetapkan surat suara yang layak diklaim sudah rusak.

Terbukti hari ini ditemukan ada surat suara yang sebetulnya termasuk kategori layak tapi sebelumnya tersortir rusak.

“Artinya setelah dilakukan penelitian terhadap hasil sortir sebelumnya, nanti kita tuangkan dalam laporan secara resmi berupa berita acara dengan jumlah pasti untuk disampaikan ke KPU RI dan nanti KPU RI akan menindaklanjuti ke percetakan,” katanya.

Selanjutnya, KPU RI akan menyampaikan ke pihak penyedia, dalam hal ini percetakan surat suara, untuk dilakukan penggantian sesuai jumlah surat suara yang rusak atau cacat.

Disebutkan, untuk sementara dari empat jenis surat suara yang rusak atau cacat mungkin diatas 6000-7000 lembar.           

Untuk mengklarifikasi, pertama dari total surat suara yang sebelumnya disortir, dipastikan betul-betul apakah rusak maupun cacat atau mungkin layak. Untuk yang layak dilanjutkan ke proses pelipatan.

Sedangkan yang dipastikan rusak atau cacat nanti dihitung berdasarkan klasifikasi jenis kerusakannya. Seperti rusak fisik, ada juga yang fisiknya mulus tapi design yang cacat.

“Misalnya cetaknya tidak jelas, terdapat noda, foto kotor sehingga konten materi surat suara menjadi buram dan tulisan dalam surat suara tidak sempurna,” katanya.

Surat suara tersebut, kata Asfa, panggilan akrabnya, akan dikembalikan ke percetakan minta diganti sesuai jumlah yang rusak atau cacat. Penggantian itu sudah harus diterima KPU Kuningan paling lambat sebelum masuk ke sampul untuk kemudian dikirim didistribusikan ke bawah.

“Paling lambatnya sebelum hari H sepanjang logistik yang memuat surat suara itu belum bergeser ke bawah. Jadi yang lainnya menunggu dulu. Distribusi direncanakan Bulan April 2019,” katanya.       

Sementara surat suara DPRD kabupaten/kota belum disortir karena barangnya belum ada.

deha--


Nama

BERITA,1447,FEATURE,263,HEADLINE,1762,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: KPU Kuningan Akui Ribuan Surat Suara Rusak
KPU Kuningan Akui Ribuan Surat Suara Rusak
https://1.bp.blogspot.com/-RG6LczVFwbo/XI9WBwfBhwI/AAAAAAAABes/yMVCCL-5fW8pertNMYytqSzm4tCrGCBNQCEwYBhgL/s1600/7000%2Bsurat%2Bsuara%2Brusak.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RG6LczVFwbo/XI9WBwfBhwI/AAAAAAAABes/yMVCCL-5fW8pertNMYytqSzm4tCrGCBNQCEwYBhgL/s72-c/7000%2Bsurat%2Bsuara%2Brusak.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/03/kpu-kuningan-akui-ribuan-lembar-surat.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/03/kpu-kuningan-akui-ribuan-lembar-surat.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content