Kesbangpol Menilai Pendidikan Politik Pemilih Pemula Sangat Penting





KUNINGAN (KN),- Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kuningan diwakili Kabid Politik Dalam Negeri (Poldagri), Maman Nurachman, mengatakan, pendidikan politik kepada pemilih pemula sangat penting. 

Hal itu disampaikan di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pemilu Presiden dan Anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD Tahun 2019 yang diikuti siswa SMA dan MA di SMAN Luragung, Rabu (27/3/2019).

Dikatakan, Bidang Poldagri Kesbangpol Kabupaten Kuningan selain mempunyai program pendataan parpol, ormas dan LSM juga pembinaan kepada masyarakat.

“Khusus menjelang Pemilu 2019 memberikan pendidikan politik. Nah di tahun ini kita mempunyai program pendidikan politik bagi kepada pemilih pemula yaitu pelajar dan mahasiswa yang sudah mempunyai hak pilih,” katanya.

Kegiatan tersebut sudah diselenggarakan tiga kali, pertama di SMAN Jalaksana, kemudian di Gedung PGRI dan sekarang di SMAN Luragung mengundang pengurus OSIS dan siswa dari SMAN Luragung, MAN Luragung dan SMAN Ciwaru.



Dipilihnya SMAN Luragung sebagai tempat kegiatan karena sesuai cakupan dapil yakni Dapil Kuningan 4. Begitu pula sebelumnya di SMAN Jalaksana Dapil Kuningan 2 dan di Gedung PGRI Dapil Kuningan 1.

Menurut Maman yang menjadi moderator dalam acara itu, pemilih pemula diharapkan turut andil dalam pelaksanaan pemilu dan diberikan pencerahan bukan hanya menyukseskan tapi memberikan suaranya.

Menghadirkan narasumber sesuai tupoksinya yang berkompeten seperti dari KPU Kuningan dan Bawaslu Kuningan serta Pemda Kuningan. Sedangkan keamanan dari Polres dan Kodim.

Selain meningkatkan partisipasi politik bagi pemilih pemula otomatis meningkatkan jumlah angka pemilih dari pilkada kemarin 71,44 persen.

“Sekarang dengan adanya pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya pelajar mudah-mudahan bisa meningkat sesuai target 80 persen,” katanya.

Ia berharap, para perwakilan siswa yang hadir di aula SMAN Luragung sepulangnya nanti bisa mentrasformasikan informasi kepada teman-teman sekolahnya, keluarganya dan lingkungannya.

“Jika dari sekarang para pemilih pemula tidak diberikan pendidikan politik dan pemahaman pentingnya menyukseskan pemilu, dikhawatirkan ke depannya akan apatis,” katanya.   

Pantauan media ini, narasumber terutama Ketua KPU Kuningan, Asep. Z. Fauzi menyampaikan materi nampak begitu akrab dan komunikatif, apalagi ada sesi dialog interaktif sehingga memudahkan para siswa menerima penjelasan tentang kepemiluan.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.