DAK Pendidikan 2019 Rehab Ruang Kelas dan Bangun Perpustakaan





KUNINGAN (KN),- Kadisdikbud Kabupaten Kuningan, Maman Hermansyah, mengatakan, salah satu permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pembangunan pendidikan masih terdapat ruang kelas di SD maupun SMP kondisinya rusak ringan dan berat.

“Juga masih ada kekurangan ruang kelas, perpustakaan dan toilet yang kurang memadai,” katanya dalam Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan Tahun 2019 yang diikuti para kepala sekolah dan ketua komite di Hotel Ayong, Jumat (22/3/2019).

Disebutkan, 722 ruang kelas SD dalam kondisi rusak sedangkan SMP 129. Pada tahun anggaran 2019 Pemkab Kuningan mendapat bantuan DAK Bidang Pendidikan untuk SD sebesar Rp. 21.799.760.000 dan SMP Rp. 4.807.900.000. Sedangkan SKB Rp. 2.404.495.000.

Anggaran tersebut untuk memfasilitasi ruang kelas, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan ruang perpustakaan, toilet dan pengadaan lengkap kesenian serta untuk TK.

“Untuk kelancaran dan mengantisipasi timbulnya permasalahan dalam pengelolaan DAK Pendidikan perlu dilaksanakan sosialisasi kepada seluruh sekolah dan komite sekolah,” katanya.

Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada sekolah penerima bantuan DAK tahun 2019 tentang mekanisme pengelolaan bantuan sebagaimana diatur dalam Kepres nomor 141 tahun 2019 serta Permendikbud RI nomor 1 tahun 2019.

Kemudian menyamakan persepsi seluruh penerima bantuan tentang implementasi tentang pelaksanaan bantuan setelah diterima. Menjalin koordinasi semua komponen pendidikan seperti halnya kepala sekolah, komite sekolah, masyarakat dan lainnya.

Peserta sosialisasi ini 252 orang terdiri dari unsur sekolah dan komite sekolah, penerima bantuan, unsur PGRI, dewan pendidikan dan kepala UPTD se-Kabupaten Kuningan.

Nara sumber dari Disdikbud Kabupaten Kuningan, Kejaksaan Negeri Kuningan dan Polres Kuningan.

“Pada kesempatan ini juga akan ditandatangani nota kesepahaman antara Disdikbud Kuningan dengan BNN Kuningan terkait penanganan bahaya narkoba di Kabupaten Kuningan,” katanya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.