Tiga Aspek Pendidikan Abad 21





KUNINGAN (KN),- Menghadapi pendidikan abad 21 ada tiga aspek yang harus diperhatikan, yaitu pendidikan berkarakter, kompetensi dan literarur. Hal itu disampaikan Plt Kadisdikbud Kuningan, Maman Hermansyah, di ruang kerjanya, Selasa (29/1/2019).

Dijelaskan, pendidikan berkarakter ada dua. Pertama adalah moral, akhlak dan yang kedua kinerja.

“Yang berkaitan dengan akhlak atau moral, guru-guru harus memberikan pemahaman akidah, dimulai PAUD, TK, SD dan SMP karena menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan atau imtaq sejak awal sangat penting,” katanya.

Dengan adanya pendidikan imtaq diharapkan bisa menolak paham radikalisme, terorisme dan narkoba di kalangan pelajar. Selain itu jupa sikap kejujuran harus ditingkatkan.

Menurutnya, sifat kejujuran di masa sekarang sudah hampir punah. Oleh karenanya menghadapi pendidikan di abad 21 anak-anak sudah mulai diberikan pendidikan kejujuran.

Kemudian kinerja, bertujuan agar anak-anak harus ulet, rajin, mau kerja keras dan tidak mudah putus asa.

Selanjutnya, kompetensi,  supaya anak-anak lebih cerdas, berpikir kritis, inovatif dan kreatif.

Ketiga adalah literasi untuk menambah wawasan harus rajin membaca. Karena berdasarkan hasil survey, Bangsa Indonesia  minat baca tinggi hanya saja daya baca yang lemah.

“Jadi kedepan, minat baca dan daya baca juga tinggi. Seperti di Jepang,” katanya.
         
Dengan demikian, perpustakaan di sekolah harus dilengkapi, termasuk di desa-desa, supaya anak didik senang membaca. Karena dengan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan.   

“Tiga hal tersebut harus disiapkan para pendidik kepada anak didiknya. Saya setiap sosialisasi selalu menyampaikan itu,” katanya.

Mengenai ketersediaan perpustakaan di sekolah, ia menjelaskan, sarana dan prasarana di SD dan SMP harus sudah siap. Jikapun terdapat sekolah belum memiliki perpustakaan, bisa saja diusulkan melalui DAK Pendidikan atau dimasukan ke Dapodik dan menjadi referensi dari pusat.

Menyikapi kegiatan UPTD Pendidikan Kuningan yang telah mewisuda 100 murid SD Tahfidz Juz 30, bertempat di SDN 3 Karangtawang beberapa waktu lalu, ia sangat mendukung. Bahkan berharap dapat dilaksanakan oleh UPTD Pendidikan lainnya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.