Di Kabupaten Kuningan, Penderita HIV/AIDS Terus Meningkat

KUNINGAN   (KN),- Kasus Human Immunodeficiency Virus Infection And Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kabupaten Kunin...




KUNINGAN  (KN),- Kasus Human Immunodeficiency Virus Infection And Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kabupaten Kuningan dari tahun ke tahun terus meningkat. 

“Hingga Bulan April 2018 tercatat 41 kasus. Sedangkan kompilasi secara keseluruhan lebih dari 200 kasus,” kata Kabag Kesra Setda Kuningan. Toni Kusumanto, Kamis (25/10/2018).

HIV berbeda dengan AIDS. HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Seseorang dapat terjangkit virus HIV, apabila virus tersebut masuk ke dalam saluran peredaran darah. 

Jika tidak diatasi, daya tahan tubuh melemah terhadap penyakit lain bahkan dapat mengakibatkan kematian. Sedangkan AIDS adalah kondisi tubuh yang melemah akibat serangan-serangan virus HIV pada sistem kekebalan tubuh.

Penderita HIV bukan berarti pengidap penyakit AIDS atau seseorang yang akan segera mati. Bahkan tanpa pengobatan banyak penderita HIV masih dapat bertahan hidup cukup lama. 

Pada saat ini pengobatan yang telah dikembangkan hanya dapat memperlambat kerusakan pada sistim kekebalan tubuh.Dengan pengobatan tersebut banyak penderita HIV dapat hidup sehat dan bahagia.

“Oleh karenanya kami sengaja mengundang para perangkat desa, kelurahan dan kecamatan untuk memberikan informasi terkait dengan HIV/AIDS yang nantinya bisa disampaikan kepada masyarakat. Termasuk juga ada sinergitas, singkronisasi kepada masyarakat yang terpapar HIV/AIDS karena kasus ini semakin bertambah,” katanya.

Menurutnya, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kuningan sudah dilakukan pemetaan dan pendataan. Kendati demikian ia tidak bisa menyebutkan nama penderita dan harus dilindungi. Karena bisa menjadi bom waktu jika nama penderita HIV/AIDS disebarluaskan.

“HIV/AIDS merupakan penyakit menular tetapi yang perlu kita waspadai bagaimana mengendalikannya. Jangan sampai penderita termarginalkan di lingkungan sosial masyarakat. Para penderita sedang kita tangani dan diharapkan ada perhatian juga dari pemerintahan terdekat dalam hal ini kepala desa, kelurahan dan kecamatan,” katanya.

Disebutkan, sebagai rujukan terkait HIV/AIDS, di Kabupaten Kuningan ada 8 puskesmas, diantaranya Cilimus dan Kuningan serta wilayah lainnya. Kemudian dua rumah sakit yaitu RSUD 45 dan El Syifa yang konsen terhadap penyebaran HIV/AIDS.

“Para kepala desa harus membantu penderita HIV/AIDS, bukan hanya pengobatannya saja tapi juga kehidupan sosialnya. Karena mereka sudah terkena musibah atau penyakit jangan sampai mendapat hukuman sosial dijauhi dari kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Penularan penyakit HIV/AIDS belum tentu dilakukan oleh penderita. Bisa juga karena bawaan. Misalnya pasutri yang suaminya berada di luar kota. Mungkin pernah melakukan seks bebas atau ‘jajan’ dengan perempuan yang mengidap HIV.AIDS. Ketika pulang ke rumah menularkan kepada isterinya, bahkan janin anak yang dikandung istrinya.

Ia tidak menampik, penularan HIV/AIDS bisa juga diakibatkan jarum suntik, terutama penggunaam gelap narkoba. Namun menurutnya, kasus yang paling banyak terjadi di Kabupaten Kuningan melalui hubungan seksual yang tidak benar. (deha)    


Nama

BERITA,1417,FEATURE,255,HEADLINE,1722,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,5,
ltr
item
kamangkaranews: Di Kabupaten Kuningan, Penderita HIV/AIDS Terus Meningkat
Di Kabupaten Kuningan, Penderita HIV/AIDS Terus Meningkat
https://2.bp.blogspot.com/-adcZSxSmLKk/W-xMEbjyHqI/AAAAAAAAAVo/ms1VTR9IKLo0eMWU51RC-bzj3GQTxor8gCLcBGAs/s640/hiv%2Baids%2B2.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-adcZSxSmLKk/W-xMEbjyHqI/AAAAAAAAAVo/ms1VTR9IKLo0eMWU51RC-bzj3GQTxor8gCLcBGAs/s72-c/hiv%2Baids%2B2.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2018/10/di-kabupaten-kuningan-penderita-hivaids_25.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2018/10/di-kabupaten-kuningan-penderita-hivaids_25.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content