Bawaslu Kuningan Dapat Tambahan Personal Saka Adhiyasta





KUNINGAN (KN),- Bawaslu Kuningan mendapat tambahan tenaga pengawas Pemilu 2019 untuk wilayah kecamatan dan desa dari Kwarcab Pramuka Kuningan. Penambahan itu setelah dilantiknya pengurus Saka Adhiyasta Kabupaten Kuningan periode 2018-2023 oleh Ketua Majelis Pembimbing Saka Adhiyasta Kuningan di Ballroom Hotel Horison, Sangkanurip, Selasa (16/10).

Sebelumnya, Ketua Kwarcab Pramuka Kuningan, Rana Suparman, melantik Ketua Bawaslu Kuningan, Jubaedi menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Saka Adhiyasta Kabupaten Kuningan periode 2018-2023.

“Jumlah TPS di Pemilu 2019 meningkat 1.561. Pilkada 2018 ada 2005 sedangkan nanti di Pemilu 2019 untuk memilih Calon Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPD RI, DPR RI serta Presiden dan Wakil Presiden menjadi 3.566 TPS,” sebut Jubaedi.

Dengan demikian, pengawasan jalannya Pemilu 2019 perlu penambahan tenaga. Bukan hanya oleh Bawaslu dan Panwascam bersama panwas desa atau kelurahan saja tapi sekarang sudah dibantu Saka Adhiyasta Kabupaten Kuningan yang tersebar di setiap kecamatan dan desa maupun kelurahan.

Sementara itu, Ketua Saka Adhiyasta Kabupaten Kuningan yang baru dilantik, Maman Nurachman, mengatakan, pembentukan Saka Adhiyasta merupakan tindaklanjut dari pusat kemudian dikembangkan di tingkat provinsi,  kabupaten dan kota.  “Pramuka sudah dikenal integritasnya, loyalitas dan dedikasinya, maka sangat tepat dijadikan partner sebagai pengawas Pemilu 2019,” katanya.

Dikatakan, mulai dari Kwarcab Kabupaten Kuningan sampai Kwaran di tingkat kecamatan semuanya ikut berpartisipasi mengawasi proses Pemilu 2019 dengan dibuat Program Pengawasan Partsipatif. “Untuk wilayah kecamatan yang dilantik itu ketua dan anggotanya dari Panwascam yang aktif di Pramuka,” katanya.

Sedangkan Panwascam yang tidak aktif di Pramuka tidak dilantik. Namun demikian, pada pelaksanaannya ada koordinasi dan komunikasi, Sehingga akan mengetahui bahwa Pramuka turut mengawasi jalannya Pemilu 2019. (deha)        






Diberdayakan oleh Blogger.