Video Ultah Bupati Kuningan Dinilai Bertentangan Social Distancing dan PSBB




KUNINGAN (KN) Beredarnya video Ulang Tahun Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang hari ini berusia 61 tahun ternyata menuai kritikan dari berbagai pihak karena dinilai bertentangan dengan anjuran pemerintah tentang Social Distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pandemi Corona-19 di Kabupaten Kuningan.

Betapa tidak, video berdurasi 27 detik yang merekam acara ulang tahun bertempat di dalam ruangan pendopo Kuningan, nampak dipenuhi orang sambil berdiri mengelilingi meja jamuan makan dengan jarak kurang dari satu meter, bahkan hampir berhimpitan, Selasa (2/6/2020).

Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, ketika diminta pendapatnya mengatakan, wartawan yang sering memberitakan untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat agar taat terhadap ketentuan-ketentuan yang tertuang pada perpanjangan PSBB sangat kecewa.

“Karena diduga sejumlah pihak termasuk kalangan birokrat tidak mengindahkan aturan tersebut. Contoh dengan beredarnya sejumlah video kegiatan yang melibatkan masa cukup banyak,” katanya.

Menurutnya, seharusnya semua pihak bisa menahan diri sampai habisnya masa PSBB untuk memasuki tatanan new normal.

“Karena kita semua menghendaki supaya Covid-19 di Kuningan bisa cepat hengkang dan tidak terus memakan korban. Kalau birokratnya saja diduga tidak patuh, bagaimana dengan masyarakat umum yang selama ini menjerit karena peraturan PSBB,” tandasnya.

New normal belum diberlakukan tapi aturan-aturan dalam PSBB, diduga banyak dilanggar. Wartawan yang selalu memberitakan untuk menghimbau masyarakat taat terhadap PSBB, malah sangat kecewa oleh sejumlah pihak.

Ia berharap, pejabat agar menghargai para wartawan yang seringkali dibuly nitizen karena dianggap beritanya hoak padahal sesuai fakta di lapangan. Begitu pula usaha keras tenaga medis yang keselamatannya selalu terancam karena penanganan virus Corona.

“Marilah kita saling menghargai dan mendukung demi terciptanya Kuningan yang kondusif dan sehat,” ajak Iyan.



Berdasarkan informasi, bukan hanya video ulang tahun Bupati Kuningan, di tempat lain pun tepatnya di Wilayah Kecamatan Cilimus, beredar foto kegiatan Camat Cilimus mengumpulkan beberapa orang yang duduk berdekatan tanpa memakai masker sehingga tidak sesuai dengan Social Distancing dan PSBB.

Sementara itu, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, ketika dikonfirmasi mengenai persoalan ini, hingga berita ini dibuat, belum memberikan jawaban.

deha

Diberdayakan oleh Blogger.