Diskominfo Kuningan Masuk Enam Nominasi Lomba Video Sapawarga

Foto : Diskominfo Kuningan.


GARUT,- Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo)  Kabupaten Kuningan masuk enam nominasi Lomba Video Sapawarga dalam acara Forum Diskominfo  Provinsi Jawa Barat.


Dilansir dari Diskominfo Kuningan, Selasa (7/3/2023) acara tersebut berlangsung di Kabupaten Garut, Senin (6/3/2023) malam. Tim juri hadir langsung mengumumkan 27 kabupaten/kota yang masuk  6 nominasi, yaitu Kabupaten Kuningan,  Indramayu, Cianjur, Bogor, Majalengka dan Kota Depok.


Perwakilan Tim Juri Ceu Edoh Preman Pensiun, menyebutkan, kriteria penilaian, diantaranya  mengangkat budaya kearifan lokal, kedalaman pesan dan makna, kesesuaian substansi dengan tema, keunikan dan kreativitas, pengambilan angle, momen, pencahayaan, kemenarikan alur cerita/kisah pada video,  kualitas suara/audio dan infografis (animasi tulisan).


Untuk video dari Kuningan, tim juri menanggapi adanya eksploitasi suasana dan budaya lokal,  aktingnya bagus, animasinya ok, ada sisi cinematiknya dan  memiliki  isi konten.


"Perkembangan IT begitu cepat  jadi kita harus respon, kalau bepikir linear aja hanya  akan copy paste," kata Sekda Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, usai membuka forum yang bertema Transformasi Digital pada Layanan Publik.


Lebih lanjut dikatakan, disinilah terobosan dan daya kreatif dalam transformasi digital  harus dibangkitkan, apalagi menghadapi Gen X dan  Gen Z. Langkah itu bisa dilakukan  dengan merespon  kotak kanan, tidak hanya otak kiri dalam memberikan layanan.


Kepala Diskominfo Provinsi Jabar, Ika Mardiah, mengucapkan terima kasih kepada semua kabupaten/kota yang  telah berpartisipasi mengikuti lomba video Sapawarga, aplikasi ini bisa di integrasikan.


Ika mengatakan, penyelenggaraan forum ini bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah Provinsi Jabar dengan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota.


"Dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah," katanya.


Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah, menerangkan, aplikasi Sapawarga merupakan layanan publik dari Pemerintah Provinsi Jabar untuk memberikan berbagai kemudahan dan  mendapatkan informasi bagi masyarakat berupa lowongan pekerjaan, informasi seputar kesehatan dan pendidikan.


“Termasuk layanan administrasi kependudukan, layanan perizinan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain itu,  bisa juga  menyampaikan aspirasi langsung ke Pak Gubernur," terangnya.


Caranya, imbuh Wahyu, tinggal membuka Playstore atau Appstore, cari aplikasi Sapawarga  download, terus tinggal di-instal.


Kegiatan yang berlangsung dua hari itu diisi berbagai materi, seperti Kebijakan Digitalisasi Layanan Publik dari Kementerian PAN RB, Mekanisme Pengaduan SP4N dari Ombudsman dan Penandatanganan Berita.


Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Replikasi Unit Saber Hoaks di kabupaten/kota. (*)

Diberdayakan oleh Blogger.