Wagub Jabar : Pembangunan Daerah Berkelanjutan Kunci Wujudkan Masyarakat Sejahtera




KUNINGAN (KN),- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, pembangunan daerah yang berkelanjutan adalah kunci dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, maju dan mandiri.

Hal itu disampaikan di hadapan para kepala desa dan perangkat desa pada saat Apel Kebangsaan di Pandapa Paramarta Kuningan, Sabtu (15/10/2022).

Dikatakan, Pemda Provinsi Jawa Barat berupaya menyelaraskan pembangunan baik di desa maupun kota untuk meminimalkan kesenjangan dan ketimpangan melalui berbagai aspek dengan inovasi dan kolaborasi antara provinsi dan kabupaten/kota.

Ia mengapresiasi inovasi dan kolaborasi yang dilakukan Kabupaten Kuningan, sehingga angka desa tertinggal menurun.

“Alhamdulillah, saya merasa bangga sebagai pimpinan di Jawa Barat, bahwa di Kabupaten Kuningan sudah tidak ada lagi desa tertinggal,” kata Uu panggilan akrabnya.

Dijelaskan Wagub, semua perkembangan dan juga kemajuan suatu daerah ditentukan oleh pemimpin daerah. Disamping itu, kerja sama antara pemerintah dan juga masyarakat menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan program.

“Ini juga berkat kemajuan pimpinan dan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Kuningan. Kalau Kabupaten Kuningan maju berarti Jawa Barat maju, Kabupaten Kuningan hebat berarti Jawa Barat pun hebat,” ujarnya.

Uu berharap APDESI bisa turut serta mendorong potensi desa yang ada karena APDESI merupakan corong dari desa. APDESI tugasnya mengawal kinerja kepala desa.

Ia pun mengapresiasi APDESI yang telah menjalankan peran sebagai mediator yang menghubungkan pemerintah desa dan pemerintah provinsi.

Menurutnya, tata kelola pemerintahan yang baik juga perlu dimiliki setiap desa. Harapannya, dengan manajemen yang baik, desa mampu menjawab tantangan zaman.

Selain itu, APDESI juga harus mampu mengawal dan memastikan bahwa program pemerintah betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Uu berpesan para kepala desa agar bisa memaksimalkan peran BUMDes dalam pembangunan di wilayahnya, termasuk untuk menurunkan angka kemiskinan di desa.

Apel Kebangsaan dipimpin Bupati Kuningan, Acep Purnama, dihadiri Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, Forkopimda, para Kepala OPD, camat, para kades dan perangkat desa.

Di akhir acara, diadakan undian doorprize untuk para peserta apel dengan berbagai hadiah menarik. Bupati dan Wakil Bupati pun ikut menyumbangkan hadiah.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.