Target Sepuluh Besar di Porprov XIV 2022 Beban Berat Atlet



KUNINGAN (KN),- Pengamat Kebijakan Publik, H.R. Ayip Syarif Rahmat, mengatakan, Kabupaten Kuningan menargetkan posisi sepuluh besar dalam ajang Porprov XIV 2022 mulai 30 Oktober-19 November, merupakan beban berat para atlet.




Hal itu diungkapkan Kang Ayip, panggilan akrabnya, kepada kamangkaranews.com, melalui whatsapp, Rabu (26/10/2022) dalam menyikapi Porprov XIV 2022 di Kabupaten Ciamis, Bandung Barat dan Subang yang dijadikan tempat bertanding.

"Para atlet kita (Kuningan) sungguh sangatlah berat, harus berjuang maksimal dan tangguh untuk meraih 29 medali emas, 27 perak dan 15 perunggu," sebutnya.

Beban berat tersebut, imbuhnya, bukan tanpa alasan, dari 78 cabang olahraga yang dipertandingkan, Kabupaten Kuningan hanya mengikuti 25 cabor.

Begitu pula dengan jumlah atlet 1040, Kuningan mengirimkan 180 atlet. Jadi kalau dilihat dari kuantitas saja jauh dari prosentasi yang diinginkan yaitu sepuluh besar.

Ditambah lagi, faktor psikologis karena selama ini tidak adanya keseimbangan antara prestasi dan kesejahteraan atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Kuningan.

"Ditinjau dari segi kualitas, apakah para atlet ini sudah diujicoba dan simulasi untuk kemampuan berkompetitif ?," tanya Kang Ayip.

Ia berharap, mudah-mudahan para atlet sudah diberikan kapasitas yang mumpuni sehingga target sepuluh besar ini dapat terwujud.

Lebih lanjut dijelaskan, raihan sepuluh besar, sebelumnya harus sudah terproteksi dengan berbagai indikator keberhasilan. Paling tidak, dari segi sarana prasarana.

"Termasuk training center apakah sudah berstandar atau belum, kemudian lembaga diklat maupun kelas olahraga. Belum lagi tentang operasional pembibitan atlet, kesejahteraan atlet maupun pelatih dan lain sebagainya," kata dia.

Secara teknis, untuk meraih prestasi yang diharapkan perlu waktu yang cukup. Artinya empat hingga lima tahun harus sudah dipersiapkan.

Sehingga ketika Porprov XIV 2022  dilaksanakan, Pemda Kuningan dapat mengirim atlet dan mengevaluasi, tentunya dengan raihan medali yang ditargetkan.

Pemda Kuningan diharapkan konsen memperhatikan dunia olahraga yang profesional dan seimbang antara prestasi dengan kesejahteraan para atlet.

"Semoga apa yang ditargetkan Pemda Kuningan akan terwujud dan kepada para atlet saya ucapkan selamat bertanding, tetap semangat berjuang serta sukses, Aamiin Ya Rabbal Alamin," harapnya.

Pewarta : deha


Diberdayakan oleh Blogger.