Sangat Berbahaya, Calon Anggota Panwascam Pemakai Narkoba



KUNINGAN (KN),- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, AKBP Yaya Satyanagara, menegaskan, sangat berbahaya calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024 sebagai pemakai narkoba.

"Ini sangat berbahaya kalau ada calon anggota Panwascam pemakai atau mengkonsumsi narkoba karena nanti bekerja mengawasi angka perolehan suara di Pemilu 2024," katanya kepada kamangkaranews.com di Sekretariat Bawaslu Kuningan, Rabu (19/10/2022).

Dalam perhitungan rekapitulasi perolehan suara dibutuhkan kondisi fisik maupun pikiran yang sehat, tidak error karena jika dalam pengaruh narkoba akan sangat rawan.

Oleh karenanya harus diantisipasi sejak awal anggota Panwascam harus benar-benar bersih steril dari narkoba sehingga bisa bersikap netral tidak berpihak ke salah satu calon peserta Pemilu.

Dikatakan, kunjungannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merupakan koordinasi mengenai rencana test urine kepada 96 orang calon anggota Panwascam Pemilu 2024.

"Pelaksanaan test urine menunggu kesiapan dari Bawaslu Kabupaten Kuningan. Adapun tempatnya di Klinik Pratama BNN Kuningan," katanya.

Hasil test urine akan dibuat perorangan bukan kolektif dan jika nanti ada calon anggota Panwascam terbukti sebagai pemakai atau mengkonsumsi narkoba, maka akan dilaporkan ke Bawaslu Kuningan.

"Silahkan Bawaslu untuk segera menggantikan calon anggota Panwascam tersebut sesuai dengan wilayah kerja kecamatannya," katanya.

Menurutnya, BNN Kabupaten Kuningan, percaya kepada Bawaslu dalam proses rekrutmen calon anggota Panwascam tidak sembarangan namun sikap kehati-hatian terhadap pemakai narkoba sangat diperlukan.

Sementara itu, Sekretaris Bawaslu, Sopyan Pamungkas, menjelaskan, test urine calon anggota Panwascam menunggu selesai test wawancara yang diagendakan hingga 23 Oktober 2022.

"Saat ini masih pelaksanaan test wawancara di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan, rencananya selesai 23 Oktober 2022 dan para komisioner serta Ketua Bawaslu ada di sana," katanya.

Ia mengapresiasi kunjungan Kepala BNN Kabupaten Kuningan melakukan koordinasi sebagai upaya persiapan menghadapi agenda nasional Pemilu 2024.

Pewarta : deha 


Diberdayakan oleh Blogger.