Bupati Lantik Pengurus FPK FKDM dan FKUB Kabupaten Kuningan




KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, melantik kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) periode 2022-2027, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) 2022-2025 dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) 2022-2027 di Pendopo, Jumat (7/10/2022).

"Pembentukan forum tersebut mencerminkan keterwakilan dari seluruh unsur masyarakat dalam satu kesatuan NKRI di bumi Kabupaten Kuningan yang kita cintai," kata Bupati Acep kepada kamangkaranews.com.

Ketiga forum itu di dalamnya terdapat unsur etnis, agama, suku bangsa dan adat budaya untuk mengawal Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Forum itu dibentuk atas dasar kebersamaan dan musyawarah tanpa adanya penyekatan atau perbedaan diantara mereka," katanya.

Dengan adanya pelantikan pengurus yang baru, ia pun menyampaikan terima kasih kepada pengurus sebelumnya yang telah berkiprah untuk Kabupaten Kuningan.

"Mari kita pertahankan kebersamaan dan kondusifitas daerah agar pembangunan di Kabupaten Kuningan dapat kita capai," harapnya.




Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kuningan, Budi Alimudin, menjelaskan, keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat strategis.

Hal itu dapat terbentuknya toleransi beragama di Kuningan dan terbangunnya rasa nasionalisme kebangsaan yang sama dengan berbagai perbedaan etnis, agama, suku bangsa dan adat budaya.

"Mari kita rawat rumah kita, rumah Pancasila," kata Budi didampingi Kasub Koordinasi Ketahanan Sosial, Ekonomi, Seni Budaya, Agama dan Kepercayaan, Oon Sobarudin.

Menyikapi Pemilu 14 Februari 2024 (Pilpres dan Pileg) serta  Pilkada Serentak 27 November 2024, Kesbangpol akan menggelar Kemah Kebangsaan.

"Direncanakan dua minggu ke depan kami akan mengadakan Kemah Kebangsaan yang pesertanya merupakan pengurus dan anggota FPK, FKDM dan FKUB," katanya.

Tujuannya untuk memadukan visi misi Pemda Kuningan dengan forum yang ada dan sosialisasi preventif tahapan Pemilu 14 Februari 2024 (Pilpres dan Pileg) serta  Pilkada Serentak 27 November 2024.

Termasuk di dalamnya, lanjut Budi, ikut mengawal proses pelaksanaan pembentukan Panwascam dan PPK di tiap kecamatan.

"Kami pun berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu, baik KPU dan Bawaslu," ucapnya.

Terpantau, pelantikan pengurus tiga forum tersebut diwakili ketuanya, sedangkan para pengurus lainnya berdiri di belakang dekat tempat duduknya masing-masing. 

Selangkapnya, Ketua FPK 2022-2027, Yunus Suparman, Ketua FKDM 2022-2025, Kie Kie Dha dan Ketua FKUB 2022-2027, A. Fenny Rahman, HS.

Nampak hadir Ketua FKDM Provinsi Jawa Barat, Forkompimda, Wakil Bupati dan Sekda Kuningan.









Pewarta : deha


Diberdayakan oleh Blogger.