KPU Kuningan Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu 2024 Damai dan Riang Gembira


KUNINGAN (KN),- Ketua KPU Kuningan, Asep. Z. Fauzi, mengajak masyarakat Kabupaten Kuningan menghadapi Pemilu 2024 dengan damai dan riang gembira.

"Tadi kita bersama-sama sudah melihat launcing Tahapan Pemilu 2024 oleh KPU RI," kata Asep usai nonton bareng (nobar) Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU Kuningan, Selasa (14/6/2024) malam.

Dijelaskan, tahapan dan jadwal Pemilu 2024 sudah ada kepastian setelah terbitnya Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022.

Kemudian SK KPU RI Nomor 21 Tahun 2022, menetapkan hari Rabu 14 Februari 2024 telah ditetapkan sebagai hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024.

Untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024, dalam waktu dekat ini KPU merekrut perangkat adhoc yaitu PPK dan PPS.

"Begitu pun Bawaslu merekrut Panwascam dan pengawas di tingkat desa/kelurahan," katanya.

Tahapan dimulai secara serentak sejak 2022, yaitu pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, penetapan peserta pemilu dan penentuan jumlah kursi dan daerah pemilihan. 

"Tahun ini juga ada tahapan pencalonan anggota DPD," ujarnya.

Adapun tahapan pada 2023, yakni pencalonan anggota DPR dan DPRD, pencalonan presiden dan wakil presiden dan masa kampanye. 

"Sedangkan tahapan 2024, antara lain pemungutan suara, rekapitulasi hasil penghitungan suara, dan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kuningan, Abdul Jalil Hermawan, menuturkan, 29 Juli 2024 sudah dimulai pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024.

"Kepada partai politik baru yang akan diverifikasi faktual masih ada waktu segera melengkapi persyaratannya dan parpol yang lama akan diverifikasi administratif," ujarnya.

Kesiapan KPU dan Bawaslu menjalankan tahapan Pemilu 2024, menurutnya harus berbanding lurus dengan semua elemen yang akan berkontestasi.

Pendidikan politik bukan hanya dilakukan KPU dan Bawaslu saja tapi partai politik pun harus melakukannya.

"Alhamdulillah komunikasi dan koordinasi antara KPU, Bawaslu dan Pemda selama ini berjalan baik," katanya.

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.