Pengabdian Mahasiswa Uniku Tanam 1000 Batang Mangrove di Pantai Utara Cirebon


KUNINGAN (KN),- Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan (Fahutan Uniku) Yayan Hendrayana, menyebutkan, 1000 batang mangrove telah ditanam di pesisir pantai utara Cirebon, Desa Jadimulya, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.
 
Dilansir dari Humas Uniku, Senin (10/1/2022) Yayan menjelaskan, kegiatan penanaman dilakukan Minggu (9/1) melibatkan 50 mahasiswa Fahutan dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2021 yang berasal dari seluruh Indonesia.
 
“Alhamdulillah kami berhasil memberikan kontribusi nyata terhadap perbaikan lingkungan hidup, khususnya untuk wilayah pesisir pantai utara Cirebon,” katanya.
 
Walaupun Uniku berada di hulu (Kuningan), imbuhnya, namun karena ekosistem itu sifatnya saling kait-mengait, Uniku juga mempunyai tanggung jawab moral untuk berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan hidup di hilir (Cirebon).     
 
Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniku, Toto Supartono, mengapresiasi penanaman mangrove dan menurutnya merupakan bukti nyata pengabdian kepada masyarakat.
 
Ia berharap ekosistem mangrove kembali baik akan memberikan dampak posistif terhadap kesejahteraan masyarakat, melalui tangkapan ikan yang melimpah, terbukanya peluang ekowisata mangrove dan lain sebagainya.
 
Hadir pula Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK) Uniku, Iim Abdul Karim, mewakili Rektor Uniku mengapresiasi kegiatan Fakultas Kehutanan.
 
“Uniku harus hadir dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Iim.
 
Selain mahasiswa, kegiatan itu dihadiri penggiat ekosistem mangrove, Fachrudin, sebagai Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Panglaot yang sudah lama menjadi bagian dari ekosistem mangrove pesisr pantai utara Cirebon.
 
“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masa depan lingkungan hidup yang lebih baik, khususnya bagi ekosistem pesisir dan pantai,” pungkasnya.
 
Pewarta : deha
Sumber : Humas Uniku

Diberdayakan oleh Blogger.