PKK Desa Taraju dan Dinas Karsip Tumbuhkan Minat Baca Anak pada Masa Liburan Sekolah



KUNINGAN (KN),- PKK Desa Taraju (Pemdes Taraju), Kecamatan Sindangagung bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Karsip) Kabupaten Kuningan serta Kampung Dongeng, menggelar kegiatan bidang literasi di alun-alun Taman Desa Taraju Ismaya, Rabu (29/12/2021).  
 
Wakil Ketua PKK Desa Taraju, Dedeh Komalasari, kepada kamangkaranews.com, mengatakan, antusias anak-anak Desa Taraju mengikuti kegiatan bertema Literasi Untuk Anak Pada Masa Liburan tersebut 
ternyata cukup tinggi.  .
 
“Dalam acara itu, anak-anak juga mendengarkan cerita atau dongeng dari kakak kampung dongeng Kak Diska dan Kak Nina,” katanya.


Kemudian, membaca buku bersama perpustakaan keliling di Taman Desa Taraju. Menurutnya,  anak-anak terlihat cukup senang dan antusias mengikuti kegiatan sampai selesai.
 
“Mereka bisa bergembira dan cukup riang serta bisa meninggalkan kegiatan bermain HPnya tiga jam selama kegiatan berlangsung dan nampak cukup senang dengan kunjungan perpustakaan kelilingnya,” katanya.
 
Masih kata Dedeh, dalam acara itu Pustakawan, Usmadi memberikan edukasi tentang pentingnya literasi pada anak-anak dan berbaur dengan kader PKK Desa Taraju.
 
Selain itu pula, hadir Kabid Perpustakaan Dinas Karsip, Maman Rochmana dan ia berharap adanya kegiatan yang berkesinambungan serta ada tindaklanjutnya.
 
“Diharapkan ke depannya kegiatan tersebut dicontoh oleh desa-desa lainnya serta Desa Taraju bisa membuat Perpustakaan Desa minimal Pojok Baca,” katanya.

Maman juga memotivasi Desa Taraju untuk lebih mengembangkan kegiatan literasinya mengingat antusiasme masyarakat dan anak- anak dalam kegiatan literasi.
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta Kampung Dongeng Kuningan,” kata Dedeh.

 
Dedeh yang mewakili Bunda Literasi Desa Taraju yang tidak sempat hadir, menambahkan, ia dan rekan-rekan PKK mengaku cukup termotivasi untuk lebih memajukan dan menggebyarkan kegiatan positif seperti ini.
 
Selain mengisi waktu liburan anak juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk edukasi anak- anak dan meningkatkan minat baca.
 
“Insha Allah PKK Desa Taraju akan terus berusaha meningkatkan kegiatan literasi dan berbagai edukasi khususnya pada anak- anak penerus generasi,” pungkasnya.
 
Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.