Ini Pesan Bupati Kuningan kepada 77 Kades Baru Dilantik


KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, berpesan kepada 77 orang kepala desa hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) yang baru saja dilantik di Pendopo Kuningan, Selasa (28/12/2021).
 
Acep berpesan agar segera melakukan konsolidasi dengan para perangkat desa untuk memulai kinerja membangun desa.
 
"Mohon jangan ada pemberhentian perangkat desa yang tidak berdasar. Jangan hanya karena beda pilihan saat Pilkades ada perangkat desa yang diberhentikan," katanya.
 
Para kades dan masyarakat desa, pasca Pilkades ini agar segera melakukan  rekonsiliasi untuk kembali merajut persatuan agar semua program desa bisa terlaksana dengan lancar dan baik.
 
"Saya titipkan tiga hal untuk dijadikan fokus program para kades,” sebutnya.
 
Pertama, tentang pengelolaan sampah yang baik di desa. Kedua,  Pemdes agar segera membuat program pengentasan stunting dengan kolaborasi dan koordinasi bersama pemerintah daerah dan semua komponen.
 
"Dan yang ketiga, saya titipkan terkait program pendidikan. Wajib belajar bagi anak-anak kita harus dituntaskan. Jangan ada lagi anak putus sekolah gara-gara tidak tersentuh perhatian pemerintah setempat," kata Acep.
 
Bupati berharap para kades bisa meningkatkan konsolidasi bersama masyarakat dan aparat desa untuk memperhatikan kondisi sosial masyarakat di desanya.
 
"Aktifkan kembali peran RT, RW dan masyarakat untuk melihat kondisi sosial di sekeliling kita. Jangan sampai keduluan oleh berita, baru kita tahu," harapnya.

Pilkades tahun ini telah terpilih 78 orang kades namun satu orang batal dilantik, yaitu Kades Babakanmulya, Kecamatan Cigugur, Oban Sobari, karena meninggal dunia.
 
"Kami sebelum pelantikan tadi mengajak semua hadirin untuk mendoakan Almarhum Pak Oban ini agar diampuni segala khilaf dan dosanya serta ditempatkan di tempat terbaik oleh Allah SWT di alam barzah," kata Acep usai agenda pelantikan.
 
Ia juga mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada Almarhum atas semua jasa dan pengabdian Almarhum dalam membangun Desa Babakanmulya.
 
"Ucapan penghargaan juga untuk para kades demisioner dan yang belum mendapatkan kesempatan terpilih kembali. Semoga pengabdiannya menjadi ladang pahala untuk mereka," kata Bupati.
 
Pelantikan 77 Kades ini dihadiri Wabup Kuningan, unsur Forkopimda dan pejabat undangan lainnya. Usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, para kades berfoto bersama dan beramah tamah.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.